Waspada Kejahatan yang Mengintai di Tempat Wisata

Senin, Des 28, 2015 | 1256 views

JURNALPOST.COM, Musim liburan telah tiba, tentu saja saat ini sangat ditunggu oleh banyak keluarga. Wisata adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengisi liburan ini. Diharapkan dengan berwisata antar anggota keluarga bisa lebih dekat.

Akan tetapi kegiatan wisata sering kali dibayangi dengan tindak kriminal yang hingga kini modusnya semakin beragam saja. Eloknya sebelum memulai liburan lebih baik kenali beberapa modus kejahatan yang sering mengintai di tempat wisata.

Waspada Kejahatan yang Mengintai di Tempat Wisata

Modus kejahatan yang sering dijumpai di tempat wisata adalah munculnya seorang oknum yang berpura-pura menawarkan dagangan kepada Anda. Awalnya Anda akan disuruh mencoba namun beberapa saat kemudian oknum tersebut akan menghipnotis Anda.

Sehingga Anda bersedia untuk membeli seluruh dagangannya dengan harga yang lumayan mahal. Setelah sadar mungkin Anda akan merasa bingung. Karena tak tahu untuk apa Anda membeli semua barang tersebut.

Kejahatan selanjutnya yang sering terjadi adalah munculnya pertunjukkan jalanan. Misalnya pertunjukkan menyanyi di jalan. Tentu saja pertunjukkan ini akan mengundang banyak audiens. Namun tahukah Anda jika beberapa penonton tersebut termasuk oknum yang bersiap-siap untuk mencopet Anda.

Maka itu tetaplah waspada saat menonton pertunjukkan ini. Bisa jadi beberapa orang disekitar Anda adalah oknum yang bermaksud jahat.

Memang kejahatan dalam tempat wisata tak selalu begitu. Bisa saja kejahatan ini sudah berkembang tanpa Anda ketahui. Namun tak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk menjaga keamanan Anda selama bepergian:

Sebaiknya jangan lakukan wisata sendirian. Akan lebih baik jika dengan kerabat atau teman.
Hafalkan salah satu nomor handphone seseorang yang ada bersama Anda.
Selalu bawa handphone dengan daya yang cukup dan tersedia pulsa. Sehingga tidak menyusahkan Anda saat keadaan sedang darurat.
Lebih baik jangan melakukan wisata saat malam hari.
Jangan membawa barang berharga terlalu banyak. Lebih baik bawalah barang yang sekiranya penting saja.

Itulah beberapa trik modus yang sering dilakukan oleh oknum jahat saat ada di tempat wisata. Berwisata memang menyenangkan tetapi tetaplah waspada dan jangan pernah lengah saat sedang berwisata.

Like it? Share it!

Leave A Response