Tips Melindungi Diri dari Media Sosial Secara Positif

Kamis, Jan 14, 2016 | 610 views

JURNALPOST.COM – Pemakaian sosial media seiring dengan semakin mudahnya orang untuk terhubung dengan internet semakin beragam. Jika sosial media pada dasarnya berfungsi untuk berkomunikasi dengan banyak orang meski tidak berdekatan. Maka sekarang fungsinya semakin berkembang, ada yang memanfaatkannya untuk ladang usaha, mencari jodoh, mencari hiburan, bahkan tujuan yang tidak baik atau merugikan orang lain.

Tips Melindungi Diri dari Media Sosial Secara Positif

Melindungi Diri dari Pemanfaatan Media Sosial
Melihat potensi negatif dan positif yang saling beradu di dalam media sosial maka sebaiknya Kita secara pribadi lebih bijak dalam pemakaiannya. Melindungi diri dari pemakaian yang tidak semestinya bisa dilakukan dengan membuat batasan-batasan yang dianggap lebih bermanfaat. Ada beberapa cara untuk memaksimalkan perlindungan diri dari media sosial yang semakin banyak jenisnya, yakni:

Tidak asal menerima permintaan pertemanan

Setiap media sosial memberikan fitur untuk melindungi dari pengguna lain, bisa dengan bentuk privasi akun, maupun memang sengaja tidak menerima pertemanan diluar orang yang dikenal. Cara ini terbilang cukup efektif untuk menghindari resiko menjadi korban penipuan di media sosial. Bisa mengatasnamakan tujuan mencari teman curhat, pasangan, dan lain sebagainya.

Memberikan identitas secara real

Mengingat fungsi utama media sosial adalah untuk berkomunikasi jarak jauh, maka bersamanya Kita bisa menjalin komunikasi lagi dengan sahabat lama. Tujuan ini bisa dengan mudah tercapai jika menggunakan identitas sesuai aslinya. Hindari keinginan membuat akun dengan nama yang aneh, lucu, nyeleneh, dan sebagainya sebab teman yang ditemukan biasanya teman baru. Kita pun tidak bisa lagi bertemu dengan teman lama yang bisa jadi memberikan kenangan tersendiri.

Membagikan sesuatu yang bermanfaat

Seiring sejalan dengan maraknya media sosial di dunia maya membuatnya dijadikan sebagai media untuk ajang pamer dan menjaga image. Alhasil banyak hal yang dibagikan dalam setiap foto dan status lebih untuk menonjolkan diri sendiri yang sebenarnya merupakan cara yang keliru. Disebut keliru karena dengan langkah tersebut seseorang dikenal sebagai sosok yang kurang merdeka di dunia nyata. Sebaiknya menjadikan medis sosial tempat berbagi manfaat baik ilmu agama, ilmu sosial, dan lain sebagainya yang mengarahkan kepada potensi pemiliknya.

Like it? Share it!

Leave A Response