Kuliner Indonesia Paling Mendunia

Jumat, Jan 8, 2016 | 760 views

JURNALPOST.COM – Kuliner Indonesia ternyata tak hanya akrab di lidah masyarakat lokal. Tetapi kuliner nusantara juga disukai oleh lidah masyarakat asing. Rasa unik dari perpaduan rempah menimbulkan cita rasa unik dan membuat orang luar negeri menjadi menyukainya. Sekedar informasi saja, sebuah survei sudah membuktikan jika beberapa masakan Indonesia menjadi makanan favorit oleh banyak orang di dunia. Apa sajakah masakan tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Kuliner Indonesia Paling Mendunia

Kuliner nusantara yang berhasil mencuri perhatian dunia dan dinobatkan sebagai makanan terfavorit di dunia antara lain:

Rendang
Masakan dari Padang ini ternyata menjadi favorit nomor satu dikalangan masyarakat dunia. Rasa daging dan bumbu rempahnya membuat banyak orang asing menyukainya. Biasanya rendang terbuat dari daging sapi saja. Tetapi saat ini ada beberapa jenis rendang yang terbuat dari daging ayam atau kambing.

Nasi goreng
Siapa yang tak kenal dengan kuliner yang satu ini yakni nasi goreng. Nasi goreng merupakan nasi yang dimasak dengan bumbu-bumbu khusus dan biasanya disajikan bersama telur goreng atau kerupuk. Sederhana sekali bukan? Tetapi makanan ini mampu membuat orang asing menjadi jatuh hati terhadap cita rasanya.

Gado-gado
Gado-gado atau sering dikenal dengan lotek adalah makanan selanjutnya yang menjadi favorit dunia. Makanan yang terdiri atas beberapa jenis sayuran dan disiram dengan sayur kacang ini sangat disukai oleh dunia. Selain karena cita rasanya, makanan ini juga cocok disajikan sebagai salad.

Sate
Sate adalah makanan khas dari Madura. Sate adalah daging yang diolesi dengan bumbu-bumbu rempah sedap lalu dibakar sampai matang. Agar lebih enak, sate disiram dengan sambal kacang dan ditaburi bawang beserta cabai rawit. Di Indonesia bahan pokok pembuat sate adalah daging ayam, daging sapi, atau daging kambing.

Itulah makanan nusantara yang berhasil mencuri perhatian dunia karena cita rasanya yang khas dan unik. Bahkan penduduk Indonesia yang membuka kedai kuliner ini di luar negeri mengaku jika dagangan mereka cepat laku dibeli oleh masyarakat asing. Jika sudah tahu begini, apakah Anda masih enggan untuk melestarikan kuliner asli Indonesia ini?

Like it? Share it!

Leave A Response