Inilah 3 Bumbu Sedap Nusantara dengan Aroma Menyengat

Rabu, Jan 6, 2016 | 757 views

JURNALPOST.COM – Indonesia memiliki keragaman kuliner khas yang sangat menarik, dan beberapa menjadi ciri khas dari daerah asalnya. Keunikan kuliner nusantara sendiri ternyata memberikan suatu magnet bagi wisatawan mancanegara untuk singgah. Tidak mengherankan apabila bagi pecinta kuliner dan kegiatan traveling menyantap sajian khas dari suatu daerah di nusantara. Menjadi sebuah agenda wajib yang memberikan pesan pula bahwa melakukan kunjungan yang sebenar-benarnya.

Inilah 3 Bumbu Sedap Nusantara dengan Aroma Menyengat

Keunikan masakan khas di tanah air erat sekali kaitannya dengan penggunaan beragam rempah dan proses pemasakan yang lebih rumit. Dibandingkan dengan kuliner di benua lain, kemudian uniknya lagi terdapat beberapa bumbu masakan. Dimana memiliki aroma yang cukup mengganggu kenyamanan indra penciuman namun masakan yang memuatnya. Ternyata memiliki cita rasa yang sangat memanjakan lidah, mari Kita tengok bumbu apa saja yang masuk kategori tersebut:

1. Terasi atau Belacan
Terasi merupakan salah satu bumbu dengan aroma yang khas, dan masuk golongan kurang sedap sebab merupakan olahan fermentasi hasil laut. Terasi pada umumnya dibuat dari fermentasi ikan laut, atau udang rebon yang dijemur kemudian digiling. Siapa saja pasti setuju bahwa aroma terasi yang cukup kuat bisa membuat Kita tidak tahan berlama-lama di dekatnya. Namun siapa sangka, cita rasa sambal terasi, sayur asem, sayur lodeh, dan masakan lain yang menggunakan terasi ini. Mampu membuat siapa saja kepincut dan ingin menyantapnya lagi dan lagi.

2. Taoco
Taoco pun merupakan salah satu bumbu masakan yang beraroma kuat namun kurang begitu sedap, meski begitu olahannya bisa memanjakan membuat ketagihan. Taoco sendiri merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai, beberapa daerah menghancurkan kedelai dan ada juga yang tidak. Olahan ini sering dibuat oseng-oseng dan menjadikan olahannya pun turut beraroma khas, dan menjadi kelebihan tersendiri dari bahan taoco yang murah dan juga menyehatkan.

3. Bumbu petis
Petis menjadi salah satu bumbu atau tambahan bahan ke masakan kuliner khas di daerah Jawa, sebut saja rujak cingur, tahu campur, tahu gimbal, dan lain sebagainya. Petis sendiri memiliki aroma yang menyengat cenderung amis karena dibuat dari olahan ikan. Meski begitu cita rasanya yang manis, gurih, sekaligus asam menjadikannya menawan.

Like it? Share it!

Leave A Response