Cara Mendidik Anak Agar Lancar Berbahasa Inggris

Senin, Jan 4, 2016 | 677 views

JURNALPOST.COM – Setiap orang tua tentu saja ingin memiliki anak yang bisa fasih berbahasa. Tak hanya fasih berbahasa lokal saja tetapi juga fasih berbahasa asing misalnya bahasa Inggris. Namun untuk mengajarkan bahasa Inggris lebih susah karena bahasa ini bukan bahasa sehari-hari yang digunakan. Perlu kesabaran khusus dalam mengajarkannya. Tapi sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk mendidik anak agar lancar berbahsa Inggris sedini mungkin.

Cara Mendidik Anak Agar Lancar Berbahasa Inggris

Cara melatih anak agar lancar berbahasa Inggris adalah sebagai berikut:

Biasakan menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Tak perlu sepenuhnya dalam berbahasa Inggris. Cukup satu atau dua kata saja. Misalnya saat bangun pagi biasakan dia untuk mengucapkan bahasa Inggris.

Berikan ia game edukatif yang mengasah otaknya untuk berbahasa Inggris. Game seperti itu bisa dengan mudah diunduh melalui smartphone.

Biasakan untuk mendengarkan lagu bahasa Inggris. Namun pastikan lagu tersebut adalah lagu anak-anak dan bukan lagu dewasa. Jadi apa yang ia nyanyikan sesuai dengan usianya. Setelah menyanyi jelaskan pula maksud dari lagu yang dinyanyikan tersebut.

Bacakan dongeng sebelum tidur pada anak menggunakan dua bahasa. Selain menjadi pengantar tidur, pembacaan dongeng ini juga bisa menjadi sarana belajar bahasa Inggris baginya.

Berikan ia tontonan kartun edukatif yang berbahasa Inggris. Pastikan tontonan kartun tersebut sesuai dengan usianya. Disarankan tontonan edukatif tersebut juga mengajak komunikasi penontonnya dalam bahasa Inggris.

Ajak ia belajar bahasa Inggris dengan alat peraga menarik atau gambar-gambar menarik. Sehingga materi bahasa Inggris yang Anda ajarkan cepat terserap dengan baik. Jangan lupa berikan warna-warna mencolok pada alat peraga tersebut.

Memang bahasa Inggris bukan bahasa asli tetapi bahasa Inggris sangat penting diberikan mengingat era globalisasi semakin cepat. Mengajari bahasa Inggris juga tak bermaksud untuk melunturkan budaya lokal yang ada.

Justru melalui bahasa Inggris budaya lokal akan bisa terekspose. Ajarkan bahasa Inggris sedini mungkin untuk anak agar saat dewasa nanti ia sudah terbiasa. Bukankah Anda bangga jika anak Anda cerdas dan lancar berbahasa Inggris? Demikianlah informasi ini dan semoga bermanfaat.

Like it? Share it!

Leave A Response