Cara Tepat Menghemat Baterai Smartphone Android

Senin, Des 28, 2015 | 391 views

JURNALPOST.COM, Smartphone adalah kebutuhan primer yang saat ini harus dimiliki oleh setiap orang. Karena kebutuhan primer wajar saja jika smartphone sering kali menimbulkan masalah bagi penggunanya. Salah satu masalah yang ditimbulkan smartphone ini adalah baterainya yang cepat melemah.

Wajar saja bisa begini karena smartphone hampir setiap saat terhubung dengan jaringan internet. Biasanya saat baterai melemah seseorang akan membutuhkan daya. Baik secara langsung maupun menggunakan powerbank.

Cara Tepat Menghemat Baterai Smartphone Android

Namun apakah bisa menghemat baterai smartphone milik Anda? Jawabnya adalah bisa. Ada beberapa cara untuk menghemat baterai smartphone Anda, antara lain adalah sebagai berikut:

• Atur kecerahan layar secara otomatis saja. Sehingga baterai tidak mudah habis karena kecerahannya akan menyesuaikan dengan intensitas cahaya.
• Jangan menyalakan lampu layar terlalu lama karena hal ini merupakan salah satu pemicu cepat melemahnya baterai.
• Jangan menggunakan wallpaper berupa animasi bergerak karena hal ini juga bisa menjadi pemicu melemahnya baterai.
• Matikan aplikasi bluetooth, WiFi, hotspot, GPS dan sejenisnya apabila tidak dibutuhkan. Menyalakan aplikasi ini secara terus menerus tanpa henti bisa menjadikan smartphone Anda cepat panas.
• Matikan data apabila tida sedang digunakan.
• Non aktifkan atau uninstall aplikasi yang memang tidak penting atau tidak menjadi prioritas.Setelah menghapus aplikasi tersebut, jangan lupa untuk merestart smartphone Anda.
• Jangan letakkan ponsel di tempat yang panas. Lebih baik letakkan di tempat dingin dan kering agar baterai tetap awet.

Sebenarnya untuk menjaga keawetan baterai ini sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Namun hanya saja memerlukan kedisiplinan dalam diri Anda. Setelah tahu cara menghemat baterai yang benar, segera aplikasikan tips tersebut pada smartphone Anda.

Diharapkan dengan mengetahui tips tersebut bisa membuat baterai awet dan tidak mudah untuk menggelembung. Untuk tambahan informasi saja, jangan sering-sering menggunakan powerbank. Karena hal ini juga bisa menimbulkan mengembangnya baterai.

Jika baterai sudah mengembang bisa dipastikan akan lebih mudah untuk lowbatt. Lebih baik gunakan powerbank saat darurat saja seperti saat mati lampu atau sedang ada di daerah pedalaman yang masih susah ketersediaan sumber listriknya.

Like it? Share it!

Leave A Response