Tahukah Anda? Minum Air Putih saat Makan Tak baik Bagi Pencernaan

JURNALPOST.COM – Kebiasaan minum air putih waktu makan, dipercaya membantu pencernaan bekerja lebih baik. Akan tetapi kenyatananya tak demikian menurut Shonali Sabherwal, konselor dari Microbiotic.

Menurut dia, minum air putih saat makan malah akan menghalangi kemampuan pencernaan perut serta mengakibatkan tingkat insulin berfluktuasi bertambah secara signifikan.

Tahukah Anda? Minum Air Putih saat Makan Tak baik Bagi Pencernaan

Seperti yang di lansir Jurnal Post dari laman Times of India, menurut Shonali Sabherwa, perut mempunyai kemampuan mengetahui saat Anda makan lalu melepas cairan guna menopang pencernaan. Apabila Anda minum air putih di waktu yang bersamaan, maka akan menipiskan cairan pencernaan yang di keluarkan untuk mengolah makananhal semacam itu malah menghambat sistem pencernaan.

Hasil riset membuktikan, minum air putih sedikit waktu makan tak memicu masalah. Namun minum satu gelas atau bahkan dua gelas bisa mengganggu pencernaan.

“Cara paling baik untuk minum yaitu sebelum dan sesudah makan, sebab bakal membantu penyerapan nutrisi, ” jelas Shonali Sabherwa.

Ia juga menambahkan kalau saat Anda minum air putih ketika makan, air itu bakal diserap dinding usus lambung. Penyerapan ini berlanjut sampai terkonsentrasi cukup untuk cairan pencernaan untuk mulai mengolah makanan. Sebab, zat ini terkonsentrasi lebih kental ketimbang isi makanan yang ada didalam perut.

“Selanjutnya cairan lambung bakal menjadi kurang untuk mengolah. Dan makanan yang belum tercerna secarasempurna dapat bocor kedalam sistim pencernaan, sebab diserap melalui dinding perut. Pada akhirnya, ini bakal mengakibatkan refluks asam, ’ katanya.

Minum air bersamaan dengan makanan juga mengakibatkan lonjakan kandungan insulin. Makin banyak insulin dilepaskan ke aliran darah, maka makin tinggi juga peluang Anda menyimpan lemak dalam tubuh.

Untuk menjauhi hasrat minum saat makan, Shonali Sabherwal merekomendasikan tidak konsumsi makanan yang terlampau asin. Sebab, makanan asin dapat meningkatkan rasa haus.

Selain itu juga sangatlah dianjurkan untuk nikmati makan dengan santai serta tidak tergesa-gesa.

“Jika terburu maka Anda bakal terdorong untuk segera menelan dan merasa harus minum untuk membantu mendorong makanan. Lebih baik banyak mengunyah, sebab makin banyak mengunyah, akan dikeluarkan semakin banyak cairan alami pencernaan, ” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here