Sekolahkan 740 APS Brigpol Peter Dapat Penghargaan UNICEF

JURNALPOST.COM, MAMASA – Brigpol Peter Paembon seorang anggota Polisi Polres Mamuju, Sulawesi Barat mendapat penghargaan dari Unicef sebagai polisi terbaik. Seperti dikutip dari laman Divisi Humas Polri Brigpol Peter mendapat penghargaan tersebut setelah mengembalikan anak-anak yang putus sekolah kembali ke bangku pendidikan.

Ide tersebut muncul, saat ia melihat begitu banyak anak-anak di Kabupaten Mamuju yang putus sekolah. Selanjutnya, ia bersama kolega di Polres Mamuju langsung melakukan pendataan.

Dia yakin bisa mengurangi angka kriminalitas seperti curat, curas, teroris dan pelaku kriminal lainnya lewat pendidikan. Terutama kriminalitas yang melibatkan anak-anak.

Brigpol Peter Paembon Selamatkan 740 Anak Putus Sekolah
Brigpol Peter Paembon Selamatkan 740 Anak Putus Sekolah

Untuk membiayai anak-anak yang putus sekolah tersebut, seluruh anggota Polres Mamuju sepakat dipotong gaji sebesar Rp50 ribu perbulannya.
Uang yang yang dikumpulkan itu digunakan untuk membelikan perlengkapan sekolah dari ujung kaki hingga sampai ujung rambut.
Namun bukan tanpa kendala, ada beberapa orang tua yang malah tidak mau anaknya disekolahkan.

Diceritakan, setelah berjalan,berbagai kalangan pun tertarik dan terlibat seperti Yayasan Karampuang, Lembaga KMP, BRI Mamuju, Pemda Mamuju dan Unicef.
Hingga memasuki tahun kedua, sudah 740 anak putus sekolah yang dikembalikan ke bangku pendidikan.
Hal ini pun membuat Peter diapresiasi oleh Unicef dan diberikan penghargaan sebagai polisi terbaik wilayah hukum Polda Sulselbar.

Ia pun mendapatkan lirikan dari Unicef lewat rekomendasi Polda Sulselbar untuk mengikuti pelatihan di Jepang.
Peter mengikuti program untuk membuat pelatihan cara mengayomi masyarakat dan menghormati lambang negara.
“Di Jepang kami melihat betul cara masyarakat menghormati negaranya, inilah yang kami sampaikan ke anak-anak,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here