Seberapa Penting Menanamkan Pendidikan Seks Usia Dini?

  • Whatsapp

JURNALPOST.COM – Sekarang ini anak dan remaja memang begitu rentan tentang berbagai macam informasi mengenai seks. Bila tidak memperoleh pendidikan seks, mereka akan termakan berbagai macam mitos seks yang salah. Informasi tentang seks lebih baik diperoleh secara langsung dari orang tua yang memiliki perhatian khusus terhadap anak. Masalah seks sekarang ini memang masih dianggap begitu tabu untuk dibicarakan di depan anak, terlebih untuk mengajarkannya.

Seberapa Penting Menanamkan Pendidikan Seks Usia Dini?

Muat Lebih

Namun, kenyataannya jika kita tidak mengajarkan pendidikan seks ini semakin banyak saja eksploitasi seks yang terjadi pada anak-anak. Eksploitasi ini kenyataannya sering terjadi oleh orang yang terdekat. Banyaknya kasus kekerasan ini ialah sebuah bukti kurangnya pengetahuan anak tentang seks yang seharusnya sudah mereka miliki dari kecil. Namun persepsi masyarakat tentang pendidikan seks masih saja bersifat tabu. Mengajarkan pendidikan seks harus diberikan agar anak bisa tepat melangkah. Pendidikan seks ini dimulai saat anak berusia 3 hingga 4 tahun, karena usia ini Anda sudah dapat melakukan komunikasi 2 arah dengannya.

Hingga sekarang ini, bila kita berbicara tentang seks, yang terbesit di dalam benak kita ialah hubungan seks, padahal makna yang sebenarnya, seks ini ialah jenis kelamin yang membedakan antara kaum laki-laki dan perempuan. Pendidikan seks di definisikan, pendidikan mengenai anatomi tubuh yang bisa dilanjutkan ke organ reproduksi seksual serta akibatnya bila melakukannya tanpa mematuhi aturan adat, hukum dan agama. Pendidikan seks usia dini ini bukan berarti mengajarkan anak cara melakukan seks, namun menjelaskan tentang organ manusia beserta sifatnya.

Lantas apakah tujuan dari pendidikan seks usia dini ini? sebenarnya tujuannya berbeda, seperti:

Balita. Untuk balita, tujuannya untuk memperkenalkan organ seks yang ia miliki,
Usia 6 hingga 10 tahun. Di usia ini tujuannya untuk memahami bedanya jenis kelamin perempuan dan laki-laki serta menceritakan darimana mereka berasal,
Remaja. Di usia yang menjelang remaja, pendidikan seks ini bertujuan untuk memberitahu mereka masa pubertas beserta karakteristiknya dan menerima perubahan bentuk tubuh.

Pendidikan di tahap ini berguna untuk memberikan penjelasan tentang perilaku-perilaku seks yang merugikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *