Ratusan Pramuka Penegak Ikuti Raimuna Cabang II Kwarcab Kota Tegal

  • Whatsapp

Pramuka Penegak

Tegal, Jurnalpost – Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tegal menggelar Raimuna Cabang (RAICAB) II Tahun 2019 di Lapangan Kelurahan Keturen Kota Tegal selama tiga hari mulai Jum’at (13/12) hingga Minggu (15/12). Raimuna kali ini mengangkat tema” BANGKIT “ yaitu Bersaudara,tangkas dan Inovatif.

Baca Juga

Raimuna Cabang Tahun 2019 Kota Tegal ini diikuti Pramuka Penegak Pandega dari SMA dan SMK se – Kota Tegal berjumlah 220 Pramuka penegak. Raimuna Cabang tahun 2019 sebagai alat pembinaan bagi Pramuka Penegak dan pandega,merupakan pertemuan dalam bentuk perkemahan yang di selenggarakan untuk para Pramuka T / D , dalam rangka membangun rasa persaudaraan ,meningkatkan wawasan dalam upaya pencapaian Pramuka Garuda dan sebagai langkah awal dalam menyambut Raimuna Daerah ke XII tahun 2020 ungkap ketua sangga kerja M.Riyan Budi Kusuma.

Dalam laporan ketua sangga kerja di katakan bentuk kegiatan Raimuna Cabang II terdiri dari Giat Umum,Giat rutin,Giat Prestasi,Giat Bhakti,Giat wawasan dan giat persaudaraan.

Kegiatan yang dibuka oleh Ka Polres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah yang juga sebagai Anggota Majelis Pembimbing Cabang mewakili Ka Mabicab,dalam sambutannya mengatakan berbicara mengenai karakter bangsa, kita bisa melihat fenomena yang terjadi di era globalisasi ini, banyak generasi muda kita yang berperilaku kontradiktif dengan nilai-nilai karakter bangsa yang kita miliki. sebagai contoh, kita sangat prihatin melihat kondisi moral para pelajar sekarang ini jika dibandingkan beberapa tahun yang silam.

Dahulu kita sangat menghormati guru. kita melihat guru saja sudah merasa segan, kita membungkukkan badan jika berjalan di depan guru. tetapi anak-anak sekarang mereka hanya lewat saja tanpa sedikitpun menegur gurunya. pelajar tidak menyadari bahwa guru adalah orang tua bagi mereka jika berada di sekolah. sedangkan dengan orang tuanya pun mereka sudah tidak hormat, apalagi dengan guru yang telah berjasa membuat mereka berpengetahuan. untuk itu, melalui kegiatan raimuna cabang ini, saya mengajak kepada kita semua terutama kepada kakak-kakak andalan maupun pembina pramuka di gugus depan untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah dalam pembentukan karakter kaum muda indonesia, serta meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa.

Beliau Berharap agar karakter bangsa perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pembelajaran yang kontinyu. pendidikan kepramukaan merupakan wahana yang tepat untuk menumbuhkembangkan karakter bangsa yang baik tersebut. melalui pendidikan kepramukaan ada proses pembelajaran yang pada akhirnya diharapkan ada transformasi yang dapat menumbuhkembangkan karakter positif, serta mengubah watak dari yang tidak baik menjadi baik.

Esensinya adalah pendidikan yang baik tidak hanya sekedar memberikan ilmu pelajaran saja kepada generasi muda, tetapi yang lebih penting adalah dapat mengubah atau membentuk karakter dan perilaku seseorang agar menjadi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.menggalakkan gerakan pramuka itu sangat penting, sebab akhir-akhir ini ada kecenderungan pramuka kurang diminati oleh para pelajar, pemuda dan mahasiswa. agar gerakan pramuka memiliki daya tarik sebagai kegiatan ekstra kurikuler, saya minta dilakukan upaya peningkatan kualitas pembinaan serta pembenahan organisasi dan manejemen, khususnya di kota Tegal ,pungkasnya

( Pengirim : Waryadi,S.Pd Andalan Cabang urusan Humas )

Disarankan Untuk Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *