Beranda Daerah Pegiat TIK Maros Jadi Pemateri Web Desa di Pangkep

Pegiat TIK Maros Jadi Pemateri Web Desa di Pangkep

1432
0

JURNALPOST.COM – Pegiat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) asal Maros menjadi pemateri pada sosialisasi web desa kepada 11 desa/kelurahan lingkar PT Semen Tonasa akhir pekan lalu.

Pegiat TIK Maros Ilham Halimsyah, menyampaikan bahwa dalam sosialisasi tersebut, hadir Pembina Relawan TIK Sulsel, Amal Hasan yang dikalangan TIK dikenal dengan nama Eyank Pasaolle Biru, pegiat web desa Mahasuri Topan dan Kepala Desa Mongcongloe Lappara Maros Mansyur.

Pegiat TIK Maros Jadi Pemateri Web Desa di Pangkep

Ilham menjelaskan, Selasa (2/2/2016), bahwa desa perlu mempublikasikan potensi dan keunggulannya melaui website. Sebab website intinya adalah konten, maka desa pun sebenarnya juga kaya akan konten.

“Informasi terkait desa penting disajikan sebab banyak hal di desa yang perlu diperkenalkan. Kondisi dan kekayaan alam, potensi ekonomi, sosial, budaya, dan lainnya. Dengan publikasi di internet, desa dapat dikenal meluas dan informasi itu bisa menjadi gerbang pengembangan bagi desa,” ungkapnya.

Pembina Komunitas Blogger Maros ini mencontohkan, dengan mempublikasikan potensi desa, misalnya hasil pertanian, bisa jadi akan ada pihak yang tertarik untuk menjalin kerjasama perdagangan. Tak sedikit desa mampu menembus pasar global karena informasi secara online.

Sementara Desa Mongcongloe Lappara Maros dihadirkan dalam sosialisasi ini karena menjadi percontohan pengelolaan website desa. Website desa Moncongloe Lappara adalah peraih penghargaan Destika Award 2015.

Penghargaan tersebut merupakan satu-satunya desa di Sulawesi dari 6 desa se Indonesia penerima penghargaan itu. Web desa bagian dari pemanfaatan tekhnologi tepat guna dalam mengelola informasi, publikasi aktivitas dan dokumentasi kegiatan desa.

Peserta sosialisasi ini meminta kegiatan ini ditindaklanjuti dengan pembuatan web desa yang diikuti dengan pelatihan pengelolaan web desa melalui pendampingan dari pegiat TIK dan pengelola web desa yang telah berpengalaman.

Sosialisasi ini digelar di Gedung Diklat Kehutanan Desa Tabo Tabo Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sabtu 30 Januari lalu, merupakan bagian dari program pendampingan CSR Semen Tonasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here