Operasi Lilin 2019 Efektif Kurangi Pusat Kemacetan Cibubur

  • Whatsapp

Operasi Lilin

JAKARTA, JURNALPOST – Pada libur Natal dan Tahun Baru, didirikan Pos Pengamanan (POSPAM) Terpadu Operasi Lilin 2019 di Cibubur, Jakarta Timur. Pos ini berada di samping halte Trans Jakarta Cibubur dekat pintu Tol dan Mal Cibubur Junction. Tim Gabungan Polisi, TNI, Dishub, Satpol PP dan petugas kecamatan terjun ke jalanan untuk mengatur lalu lintas libur Natal dan melayani masyarakat(25 Desember 2019)

Baca Juga

Pospam selalu diadakan setiap tahun pada musim liburan Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Biasanya Pospam berada di lokasi sentra-sentra pertokoan, tempat hiburan, terminal, dan jalan raya titik kemacetan. Tujuannya adalah untuk membantu masyarakat, tempat istirahat, tempat pengaduan dan meminta bantuan, juga menertibkan lalu lintas yang biasanya macet total saat libur panjang.

Selain pos pemantau, juga didirikan pos kesehatan dan tempat peristirahatan para pengendara saat kelelahan di jalan. Ada beberapa pedagang kaki lima yang berjualan disamping pospam dan mendapat banyak pembeli dari pengendara yang sedang beristirahat. Mobil ambulance juga disediakan oleh Puskesmas Cibubur untuk mengantisipasi kecelakaan atau pengendara yang sakit agar bisa dibawa ke rumah sakit terdekat.

Petugas kepolisian berasal dari Polsek Ciracas, Jakarta Timur. Sedangkan anggota Satpol PP dikerahkan oleh kelurahan Cibubur untuk turut mengamankan situasi liburan. Sedangkan Dishub dan TNI langsung ditugaskan oleh pusat.

Pos ini diadakan dari tanggal 23 Desember hingga 1 Januari 2020. Selama tanggal tersebut, Tim Petugas akan terus memantau dan mengatur lalu lintas dijalan tanpa melakukan operasi penilangan pada pengendara. “kami hanya akan menegur pada para pengendara yang kurang tertib. Seperti yang tidak pakai helm, atau bonceng tiga dengan anak. Asalkan pelanggaran yang dilakukan tidak membahayakan bagi pengendara lain” Ujar Iptu Santo, Kepala unit patroli Polsek Ciracas dan Kepala Pospam Lilin 2019, Cibubur. Arus mudik lalu lintas mengalami kemacetan panjang di jalan alternatif Cibubur, namun kendaraan masih bisa terus berjalan berkat banyaknya petugas yang turun ke jalanan untuk menertibkan jalan.

Pengamanan Pospam dibagi menjadi 3 shift dalam sehari dengan 16 anggota per shift. Setiap 2 jam , dilakukan pencatatan kejadian dan data jumlah pengendara. Sampai saat ini tercatat 3.672 pengendara yang mengunjungi Pospam. Pada hari ini, tercatat 3 kecelakaan ringan yang meyebabkan kerugian material akibat tabrakan ringan namun semua diselesaikan dengan musyawarah damai.

Kejadian unik seperti pengendara yang nyasar dan kehabisan ongkos pun diceritakan oleh Bapak Mufrizal selaku Pengatur Operasi lilin 2019. “Banyak pengendara yang nyasar nanya jalan, ada juga yang kehabisan ongkos sehingga minta di ongkosin untuk lanjut jalan. Ada juga yang minta minum buat diperjalanan. Kejadiannya lucu namun kita senang karena menjalani tugas sebagai Pelayan, Pelindung dan Pengayom masyarakat.”

Pos selalu siap melayani dan membantu masyarakat selama 24 jam. Iptu Santo juga berpesan agar masyarakat bisa menjadi polisi atas dirinya sendiri dan lebih berhati-hati terhadap benda dan keselamatan masing-masing. Serta mempunyai empati terhadap sesama. (Fasya Aldiza)

Disarankan Untuk Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *