Menghindari Terserang Sakit Saat Berlibur!

JURNALPOST.COM – Liburan tidak bisa dipungkiri menjadi hal yang paling ditunggu oleh banyak orang. Entah karena akhirnya bisa menyediakan waktu untuk beristirahat dari aktivitas, atau akhirnya bisa menghabiskan waktu bersama orang yang disayangi. Namun sayangnya, ada banyak orang yang tidak lagi memperhatikan siklus sirkandian atau metabolisme tubuh saat liburan.

4 Pilihan Obyek Wisata Dalam Negeri yang Bagus untuk Honeymoon

Akibatnya, di tengah-tengah liburan, sakit mendera. Atau sakit menyerang setelah pulang. Akhirnya yang seharusnya setelah liburan pikiran menjadi lebih segar dan kreatifitas bermunculan, yang terjadi adalah sebaliknya. Ada beberapa penyebab yang menjadikan kesehatan Anda terganggu saat liburan:

Anda tak lagi menerapkan pola hidup sehat.
Mengkonsumsi makanan yang tidak higienis.
Kurang minum air putih.
Kurang istirahat.
Menggunakan pakaian atau kostum yang tidak sesuai dengan cuaca di tempat Anda berlibur.

Banyak orang berpikir bahwa seharusnya berlibur menjadi waktu atau saat dimana semua aturan tak perlu lagi diperhatikan. Pemikiran ini tak sepenuhnya benar, karena tentu maksud dari liburan adalah membuat hidup kita lebih bahagia bukan?

Dengan demikian menerapkan pola hidup sehat saat liburan sebenarnya merupakan hal yang sebaiknya tetap dilakukan. Antara lain dengan cara:

1. Melakukan olahraga meskipun hanya bersifat peregangan. Lakukan minimal 15 menit sebelum Anda memulai aktivitas di pagi hari.
2. Jaga asupan gizi Anda. Lebih baik mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah agar Anda juga terjaga dari kekurangan cairan dan tentunya kebutuhan serat tetap terpenuhi. Agar tetap memiliki kekuatan, tambahkan dengan protein. Misalnya dari susu atau telur.
3. Selalu sediakan air putih kemanapun Anda pergi, agar Anda tak perlu mencari minuman lain saat haus mulai mendera.

Khusus untuk memilih makanan, memang akan lebih baik jika Anda tak sembarangan jajan di tempat wisata. Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya masalah karena kebersihan ini, selalu sediakan cairan pencuci tangan. Sehingga paling tidak tangan Anda selalu dalam keadaan bersih saat akan makan.

Jangan hanya karena liburan Anda menyepelekan waktu tidur. Ingat, istirahat merupakan salah satu cara untuk mengembalikan stamina tubuh. Terakhir, selalu cari tahu sebelumnya bagaimana cuaca di tempat yang akan Anda kunjungi. Agar kemungkinan terjadinya demam ataupun penyakit lain bisa diminimalkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here