Menelusuri Jejak Sejarah dan Surga Wisata di Ma’lulua

JENEPONTO, JURNALPOST.COM – Potensi Alam Objek Wisata air terjun yang berjarak 10 kilometer dari utara pusat Kabupaten Jeneponto, ke lokasi sekitar 200 meter dari jalan poros Kelara-Rumbia. Kini menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi orang dari dalam dan luar daerah di sulawesi.

Wisata dengan panorama alam yang indah sejuk ini berada di Desa Bontomanai Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto. Ketinggian air terjun ini mencapai 100 meter lebih, yang di bawahnya, terdapat banyak keunikan batu bergambar, monyet putih dan Gua yang sangat bersejarah pada tempo dulu, saat pemerintahan kerajaan pada saat itu, di tempat tesrsebut menyimpan banyak misteri, terdapat sebuah sumur tua dan hijau pepohonan yang rimbun lagi sejuk. Ju’mat (12/2).

Air terjun Tama Lulua Wisata Baru di Jeneponto yang Lagi Hits

Kepala Desa Bontomanai Abd Rasid yang didampingi Sekdes Muh Sai,n mengatakan jika kita berada di tempat permandian objek wisata tersebut. Terik matahari nyaris tak terasa, dengan penampangan warna pelangi cerah. “Menembus air terjun Lembah Impian Ma’lulua Rumbia Jeneponto para pengunjung bisa ditempuh dengan jalan kaki” akunya.

“Objek Wista air terjun ini, yakin ini menarik wisatawan, apalagi air terjun ini juga sumber airnya warga Rumbia,” urai Kepala Desa Bontomanai Abd Rasid.

Selain itu, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar kemarin telah berkunjung ditempat ini, sekaligus meninjau akses jalan menujuh tempat wisata. Rencananya pemda akan menbangun tangga seribu untuk lebih memudahkan lagi akses jalan menujuh air terjun tersebut, seiring dengan program Jeneponto Gammara.

Salah seorang warga Bontomanai Saparuddin yang masih menyandang Mahasiswa Yapti Jeneponto, Karlo, mengemukakan, permandian air terjun ini terdapat di dalam salah satu tempat bersejarah pada zaman dulu dengan ditemukan sebuah Gua yang ada sumur tua didalamnya.

“Pengunjungnya yang banyak, penduduk lokal jeneponto, bahkan kemarin sudah mulai dilirik oleh pengunjung luar daerah di sulawesi, tempat wisata ini juga merupakan wisata petualang,” ucap Saparuddin.

Objek wisata ini sangat bagus karena terdapat beberapa keunikan alam diantaranya asap salju yang beterbangan dari dasar sungai menjulang tinggi dan sepertinya ada pertama di Kabupaten Jeneponto terkhusus di Desa Bontomanai Kecamatan Rumbia.

“Saya baru pertama kali berkunjung ditempat ini, yang dinamai objek wisata air terjun Lembah Impian, hanya saja ada beberapa yang perlu dibenahi untuk lebih memudahkan akses kendaraan roda empat dan dua menuju lokasi wisata petualan ini” ucap Karlo. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here