Memilih Pendidikan Terbaik untuk Anak Usia Dini

0
1231

JURNALPOST.COM – Semua orang tua pasti tahu apa yang terbaik untuk buah hatinya. Tapi sudahkah Anda yakin jika pilihan pendidikan khususnya untuk usia dini yang Anda pilih adalah yang terbaik. Banyak orang tidak sadar, jika investasi terbaik yang seharusnya dilakukan oleh orang tua sebenarnya ada di usia dini si anak. Jadi jangan heran jika Anda melihat biaya pendidikan untuk anak usia dini akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenjang diatasnya.

Memilih Pendidikan Terbaik untuk Anak Usia Dini

Akan tetapi, harga mahal belum menjadi jaminan kualitas dari sekolah tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sekolah tersebut. Antara lain yaitu:

1. Bagaimana kurikulum yang diajarkan
2. Bagaimana kualitas tenaga pengajarnya
3. Bagaimana kebersihan dari tempat sekolah tersebut
4. Bagaimana visi dan misi dari Kepala Sekolahnya. Bagaimanapun kepala sekolah akan menentukan bagaimana sekolah beroperasi. Termasuk kebijakan-kebijakan yang dibuat untuk pengajar maupun anak didik.

Terlepas dari semua hal diatas, penting untuk diperhatikan bahwa sebenarnya dalam menentukan kualitas sebuah sekolah PAUD yang baik maka haruslah ada hubungan segitiga yang seimbang. Yaitu antara pendidik atau pengajar, orang tua dan murid.

Artinya, jika sekolah tersebut tidak melibatkan orang tua dalam kurikulumnya, Anda patut mempertanyakan. Begitu pula jika Anda sebagai orang tua tidak ikut berperan atau andil dalam kurikulum yang sudah dibuat oleh sekolah, maka jangan salahkan sekolah jika hasil pendidikan buah hati tidak sesuai yang diharapkan.

Ada beberapa cara untuk memastikan bagaimana kualitas sekolah tersebut. Seperti misalnya:

• Datang saat jam sekolah berlangsung dan lihat secara langsung bagaimana pengajar berinteraksi dengan buah hati Anda.
• Selalu datang ke pertemuan yang diadakan untuk para orangtua atau gathering antar orang tua dan pihak sekolah.
• Jangan segan berkonsultasi ke pengajar maupun kepala sekolah untuk mengetahui perkembangan buah hati.

Memang dapat dikatakan, tujuan utama dari sekolah PAUD ini adalah agar buah hati memiliki perkembangan yang baik. Dimana perkembangan ini sendiri diartikan sebagai meningkatnya kualitas buah hati. Baik dari segi kemampuan afektif yang menyangkut rasa maupun secara kognitif yang menyangkut pikiran atau otak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here