Melihat Nilai Tambah Pendidikan Homeschooling

0
1841

JURNALPOST.COM – Pendidikan adalah hal yang wajib dilakukan, semua negara mengutamakan hal ini, di Indonesia sendiri ada wajib pendidikan adalah 12 tahun. Hal ini berlaku pada saat masa anak-anak hingga dewasa, bahkan mereka yang ingin ikut ujian kejar paket juga masih bisa dilakukan. Jenis pendidikan yang ditawarkan tak hanya formal saja melainkan juga non formal, kamu tak harus mengikuti bimbingan belajar di sekolah namun dengan homeschooling.

Melihat Nilai Tambah Pendidikan Homeschooling

Sayangnya beberapa orang cukup meremehkan sistem pendidikan ini mengingat anak yang terkait di dalamnya hanya bisa mengikuti ujian susulan paket C nantinya karena tak tergabung dalam lembaga pendidikan yang resmi, tawaran harga yang murah karena sistem pembelajarannya dilakukan secara privat juga menjadi salah satu alasan lain kurang banyak orang tua memasukkan anak mereka kesini, namun apakah kamu tau bahwa ada banyak sekali keunggulan mengikuti pendidikan homeschooling ini, diantaranya adalah:

1. Pembelajaran yang bersifat privat ini memungkinkan anak lebih berkonsentrasi dan banyak ilmu yang diserap, coba bandingkan mengajar dengan 20 orang siswa dengan 1 tentunya berbeda, ilmu yang diberikan oleh tenaga pendidik tentunya jauh lebih efektif untuk 1 anak dibandingkan membagi ke 20 lainnya.

2. Memungkinkan orangtua untuk memantau pendidikan anak secara langsung, karena dilakukan di rumah maka orangtua juga bisa ikut serta menemani anak mereka belajar.

3. Menghindarkan anak Anda dari pergaulan yang kurang bagus, anak-anak zaman sekarang tingkat kenakalannya jauh lebih parah, salah satu penyebabnya adalah pertemanan yang kurang baik, dengan membatasi pergaulan mereka Anda juga bisa mencegah hal semacam ini.

4. Ilmu pelajaran yang mereka terima bisa disesuaikan dengan kita, porsi pembelajaran memang bisa menyesuaikan dengan keinginan anak Anda, mata pelajaran yang diminati bisa ditambah durasinya begitu juga sebaliknya.

5. Homeschooling tak harus menggunakan jasa guru privat ternama, kamu sebagai orangtua juga bisa mengajar mereka sendiri, lumayan bagi yang tak ingin terlalu banyak pengeluaran.

Pada dasarnya pendidikan sistem homeschooling dan biasa sama-sama memiliki nilai lebih dan kekurangan masing-masing.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here