Manfaat Ampuh di Balik Aroma Harum Daun Kemangi

0
8419

JURNALPOST.COM – Sebagai salah satu daun yang seringkali digunakan sebagai lalapan, daun kemangi memberikan aroma harum serta rasanya yang tak kalah khasnya dengan berasa mirip mint. Namun, tahukah Anda bahwa daun kemangi mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut pun bukan hanya sekedar tanaman obat, akan tetapi juga sebagai pemelihara kesehatan tubuh dari dalam.

Manfaat Ampuh di Balik Aroma Harum Daun Kemangi
Daun Kemangi

Meskipun di saat ini daun kemangi hampir sulit untuk ditemui, akan tetapi tanaman tersebut sangatlah mudah untuk tumbuh di berbagai tempat. Terlebih di musim penghujan dengan tanah yang subur, maka pertumbuhan tanaman berkhasiat ini akan lebih bertumbuh dan berkembang dengan baik. Sampai pada nantinya dapat dikonsumsi dan mendapatkan beragam khasiatnya, seperti yang dilansir dari laman dailyhealthpos berikut beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan meliputi:

• Daun kemangi mempunyai kandungan tinggi vitamin K yang berperan penting dalam menguatkan tulang bahkan dapat memperlancar mineralisasi.
• Di setiap 100 gram daun kemangi mempunyai sumber zat besi mencapai 26% dari RDA sebagai penambah kandungan hemoglobin di dalam darah sekaligus memperlancar proses pembawaan oksigen ke dalam darah.
• Kandungan vitamin A dari daun kemangi dikenal sebagai zat antioksidan, melindungi tubuh dari resiko kanker rongga mulut dan kanker paru-paru.
• Terdapat zat Zea xanthin sebagai karotenoid flavonoid kuning, kandungan ini berperan aktif dalam melindungi retina mata dari sinar UV.
• Sebagai sumber vitamin dan mineral namun mempunyai kalori rendah dan tidak memiliki kandungan kolesterol. Sangat cocok untuk menu wajib bagi penderita kolesterol tinggi.
• Mengandung beta karoten, lutein, zea xanthin, crypyoxanthin dan vitamin A yang akan melindungi diri dari bahaya radikal bebas.
• Kandungan minyak esensial, linalool, sitronelol, eugenol, citral, terpineol dan limonene sebagai zat yang bersifat anti inflamasi sekaligus anti bakteri.

Tak sedikit khasiat ampuh yang dapat diperoleh dari daun kemangi. Agar manfaat tersebut lebih optimal, pastikan bahwa daun yang dipilih itu yang masih segar dan benar-benar dalam keadaan baik. Kemudian nantinya dapat dikonsumsi sebagai lalapan yang telah dicuci sampai bersih terlebih dahulu. Selain itu, daun kemangi dapat diolah dengan masakan lain dan tentunya sesuai selera Anda. Tak perlu berlebih, akan tetapi sedikit demi sedikit dan teratur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here