31 C
Makassar
Kamis, April 9, 2020

KOPRI PMII Bulukumba Gelar Bedah Film, Ini Kata Budayawan Achmad Darsyad Pabottingi

BULUKUMBA, JURNAL POST- Korps PMII puteri cabang bulukumba menyelenggarakan bedah film dan dialog interaktif dengan tema “perempuan dan perdamaian”,dalam momentum internasional woman’s day.  Selasa, 17 Maret 2020.

Dalam kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber dari Budayawan (Achmad Darsyad Pabotingi), Jemaat Katolik (Austiana Sayut), Forum Komunikasi Umat Beragama (ustadz A. Satria) dan Sekretaris Kopri PKC (Siti Khadijah Budiawan).

Adapun yang hadir itu dari ukm seni Eppa Sulapa, semua Komisariat PMII se kabupaten Bulukumba, HMI, dan Tokoh Pemuda.

Budaywan Achmad Darsyad Pabottingi menguraikan bahwa Jika dilihat dari filmya Kerusuhhan yg terjadi itu karena adanya pihak atau oknum tertentu yang menjadi provokator di antara ummat sehingga terjadi ke kacauan.

“Beta mau jumpa berarti dia rindu dengan suasana kedamaian yg ada sebelumnya . Jalinan kasih antar umat beragama yang sebelumnya rukun-rukun saja”. Jelasnya

Hardiyanti Mus Selaku moderator pada Bedah Film dan dialog tesebut menyimpulkan dari beberapa uraian yang disampaikan para narasumber bahwa Film yang di bedah “Beta Mau Jumpa” adalah salah satu film yang mengajarkan tentang toleransi beragama.

“Saat lembaga lembaga formal tidak mampu menyelesaikan konflik tersebut justru perempuan yang menjadi agent untuk menyelesaikan konflik tersebut. Kemudian setelah konflik tidak ada lagi sekat di antara mereka, menjalin silaturahim sesama umat beragama dan menghargai satu sama lain”, Simpulnya.

Maka dari itu, KOPRI Cabang Bulukumba berharap bahwa melalui film ini kita mendapatkan banyak pelajaran yang bisa di petik di film tersebut bahwa keberagaman itu indah.

“pesan dari film ini adalah bahwa perempuan harus tetap menjaga sinergitas dilingkungan manapun dia berada baik itu lintas OKP dan lintas Agama”, Tutup Skum Kopri PMII Bulukumba Ini. (OE)