27 C
Makassar
Senin, Februari 24, 2020

Hari Pertama Masuk, Anak-anak Desa Cikasunga Solear Tangerang Tak Punya Perlengkapan Sekolah Akibat Banjir

TANGERANG, JURNALPOST – Hari ini, Senin (7/1/2020), anak-anak kembali masuk sekolah setelah libur panjang akhir tahun. Berbagai keceriaan mewarnai raut wajah mereka kembali bertemu dengan teman-temannya.

Tapi kebahagiaan itu tidak terlihat pada raut wajah sebagian anak yang tinggal di Di Kp. Parung RT 17/04 Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Tangerang.

Mereka berangkat melenggang tanpa tas, juga tidak membawa buku. Perlengkapan sekolah mereka habis terbawa banjir besar yang melanda kampung itu pada Rabu (1/1/2020) sekitar pukul 16.00 Wib.

“Buku-buku kami, juga tas sekolah hanyut terbawa air banjir,” ujar Imam Sobari, siswa kelas 2 SDN Maja 3 yang tinggal di Kp Parung Desa Cikasungka.

Meski masih ada buku yang tidak terbawa banjir, namun kondisinya rusak karena terendam air. “Sudah coba dijemur bukunya biar kering, tapi tetap nggak bisa dipakai karena rusak,” kata Imam sedih.

Bukan hanya tas dan buku saja yang hanyut. Seragam sekolah dan sepatu anak-anak di Kp. Parung ini juga banyak yang hilang terbawa banjir. “Jadi kami sekarang sekolah nggak bawa apa-apa. Karena bapak belum bisa membelikan perlengkapan sekolah yang baru,” kata seorang siswa lainnya.

Banjir yang melanda Kp. Parung Cikasungka di awal tahun ini memang cukup dahsyat. Ketinggian air akibat luapan sungai Cidurian itu mencapai 2 meter. Sedikitnya, 40 rumah warga ikut terendam.

Warga mengaku, saat ini banjir memang sudah surut dan menyisakan lumpur bekas banjir. Sejumlah bantuan pun datang. “Tapi kami mohon perhatian pemerintah. Anak-anak di sini butuh perlengkapan untuk sekolah seperti buku-buku, tas dan sepatu,” kata Diaz Rohadi yang juga guru di sana.

Saat ini mereka juga butuh bantuan air bersih untuk sarana pembersihan lumpur. “Selain itu, kami juga memerlukan alat-alat pembersih seperti sapu dan lain pel,” ujar Diaz.

Menurutnya, beberapa perlengkapan sehari-hari juga sangat diperlukan warga seperti perlengkapan bayi dan MCK serta obat-obatan. (Ananta)