Cara Mudah Hidup Sehat dengan 4 Makanan Bermanfaat Ini

JURNALPOST.COM – Banyak orang yang sering mengeluhkan masalah kesehatan yang dialami, dan kondisi ini memang menjadi pemandangan yang umum. Kesehatan bagi manusia di zaman seperti sekarang ini memang lebih rentan dibandingkan masa-masa dahulu.

Faktor penyebabnya bisa beragam, terutama dari perubahan gaya konsumsi yang memang cukup signifikan. Jika dahulu manusia sering mengolah makanan segar maka sekarang cenderung memilih makanan instan. Hal ini dijadikan pilihan karena adanya kesibukan yang terbilang padat dan menyita waktu serta tenaga.

Cara Mudah Hidup Sehat dengan 4 Makanan Bermanfaat Ini

Kondisi kesehatan orang sekitar yang menuju ke arah yang lebih buruk memberikan pola pikir baru untuk memperbaiki pola makan. Membantu tujuan perbaikan tersebut maka berikut jenis-jenis makanan yang sebaiknya tidak dilewatkan:

1. Buah-buahan segar
Menjadikan tubuh senantiasa segar dan bugar maka jangan sampai melupakan buah-buahan, terlebih buah-buahan lokal. Dimana merupakan hasil perkebunan petani sendiri dan terhindar dari kandungan bahan pengawet buah. Mengkonsumsi buah tidak selalu membuat keuangan tekor sebab ada banyak buah yang murah, misal rambutan, pepaya, salak, dan sebagainya.

2. Sayuran yang segar dan hijau
Keinginan untuk mempertahankan imunitas tubuh akan terasa semakin mudah jika rajin mengkonsumsi sayuran segar. Terutama sayuran yang berwarna hijau maupun berwarna terang yang mengandung banyak serat dan berbagai mineral. Sayuran juga menjadi sumber antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari serangan berbagai bentuk radikal bebas.

3. Konsumsi hasil laut
Melindungi kesehatan kulit menjadi lebih mudah jika mengkonsumsi hasil laut secara berkala, misal satu kali dalam seminggu. Hasil laut kebanyakan mengandung asam lemak seperti omega 3 dan juga 9 yang berperan penting dalam sistem tubuh. Kemudian beberapa hasil laut kaya akan mineral seng yang membantu menjaga kekebalan tubuh, dan mengurangi kerusakan pada kulit.

4. Jenis biji-bijian
Aktivitas di bawah sinar matahari memang tidak mungkin dihindari, solusinya ialah dengan rajin mengkonsumsi biji-bijian. Sebut saja seperti kacang polong, biji bunga matahari, kenari, kacang mete, dan lain sebagainya. Kandungan minyak esensial di dalam biji-bijian bermanfaat untuk menutrisi kulit dan mencegah resiko penyakit kanker kulit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here