Berkenalan dengan Obligasi dan Sukuk Ritel

  • Whatsapp

Investasi

JURNALPOST – Investasi memang bukan lagi menjadi sebuah hal yang asing di telinga. Kemudahan akses informasi serta berbagai macam aspek pendukung lain membuat masyarakat menjadi semakin mudah melakukan investasi. Hal ini sudah pasti memberikan efek positif pada pertumbuhan ekonomi serta keuangan Indonesia. Dari berbagai macam jenis investasi, ORI atau Obligasi Ritel Indonesia dan Sukuk ritel menjadi jenis investasi yang sering diperbincangkan beberapa waktu belakangan ini.

Baca Juga

Apa itu ORI dan Sukuk Ritel?

ORI serta sukuk ritel ini, walaupun bisa dikatakan tidak sepopuler reksadana, namun instrumen ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan investasi. ORI adalah surat hutang yang dapat memberi pendapatan tetap untuk pemegangnya, surat hutang dalam hal ini ialah surat pernyataan yang dikeluarkan oleh penerbit surat hutang ke pemegang surat. Nantinya, surat tersebut menjadi jaminan pembiayaan pokok utang pada pemegang surat.

Di luar pokok tersebut, pemilik hutang juga berjanji memberikan sejumlah kupon secara berkala dalam tempo yang sudah disepakati dalam perjanjian surat hutang. Inilah yang kemudian memberikan keuntungan pada si pemilik ORI, atau mereka yang melakukan investasi pada bidang ini.

Bagaimana dengan Sukuk Ritel? Sukuk Ritel mempunyai konsep yang berbeda sedikit dengan ORI. Investasi jenis ini dijalankan dengan menggunakan prinsip syariah, sehingga berbagai ketentuan dan kebijakan yang berada di dalamnya adalah keputusan yang sudah disepakati dewan syariah. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir untuk melakukan investasi ini.

Dalam sukuk ritel, seluruh surat berharga diterbitkan sesuai dengan prinsip syariah. Surat berharga tersebut dapat diterbitkan dalam bentuk rupiah atau pun valuta asing yang lain. Sekarang ini ORI memiliki durasi 3 hingga 4 tahun. Penerbit dari surat hutang tersebut bisa pemerintah atau pun korporasi yang lain. Dengan demikian, sejumlah dana yang diterbitkan dalam ORI maupun Sukuk Ritel bisa dibayarkan secara berkala.

Jadi, semakin tertarik untuk mencoba investasi ini? Agar lebih mudah melakukan investasi, Anda bisa memilih platform tanamduit. Di sana, akan ada manajer investasi terbaik yang akan membantu Anda.

Disarankan Untuk Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *