Bahan dari Dapur untuk Mengatasi Masalah Panu

0
1521

JURNALPOST.COM – Tanpa disengaja kadang Kita akan bermasalah dengan kemunculan penyakit kulit secara tiba-tiba, salah satunya adalah panu. Panu merupakan bentuk infeksi jamur pada kulit yang memberikan warna putih dan berbentuk agak bulat kurang rata. Selain terjadi perubahan warna pada kulit, serangan jamur panu juga memberikan rasa gatal yang sangat. Ketidaknyamanan sekaligus terkikisnya rasa percaya diri karena munculnya panu di titik tubuh yang mudah terlihat menjadi masalah besar.

Bahan dari Dapur untuk Mengatasi Masalah Panu

Ada beberapa cara mudah dan alami untuk membantu mengatasi masalah panu yang muncul secara mendadak tersebut. Berikut beberapa bahan di dapur yang efektif mengurangi gangguan jamur di kulit:

1. Memanfaatkan bawang putih
Kita bisa memanfaatkan bawang putih untuk membantu mengatasi masalah panu, caranya pun cukup sederhana. Yakni cukup mengiris bawang putih dan bagian yang bergetah dioleskan kepada bagian kulit yang terkena panu tadi. Perawatan atau pengobatan ini sebaiknya dilakukan 2 kali dalam sehari yakni setiap selesai mandi hingga panu benar-benar menghilang.

2. Menggunakan irisan lengkuas
Lengkuas menjadi salah satu rempah di dapur yang cukup efektif mengusir jamur penyebab panu di kulit Kita. Lengkuas bisa dimanfaatkan dengan cara ditumbuk atau diparut kemudian airnya diperas, lalu air tersebut dioleskan ke kulit yang terinfeksi panu. Air lengkuas akan terasa sedikit panas dan perih namun jika dilakukan setiap hari maka panu perlahan akan menghilang.

3. Menggunakan belimbing wuluh
Belimbing wuluh juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk memberantas panu, caranya dengan mengiris beberapa buah belimbing wuluh. Kemudian irisan ini dicampur dengan air kapur sirih, baru dioleskan ke bagian kulit yang berpanu. Hasil akan terasa lebih maksimal jika perawatan ini dilakukan dua kali dalam sehari hingga panu sudah tidak terlihat lagi.

4. Memanfaatkan lendir lidah buaya
Lendir tanaman lidah buaya mampu membantu mengatasi keluhan panu di kulit, caranya pun cukup sederhana saja. Yakni Kita tinggal mengambil lendir pada daging lidah buaya kemudian mengoleskannya kepada kulit

yang terkena panu. Sedikit gosok sebentar dan dilakukan satu kali dalam sehari, untuk mengusir panu hingga dari akarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here