Toko Online, Beli apapun Bisa Dimanapun Tanpa Perlu Repot

Senin, Des 14, 2015 | 484 views

JURNALPOST.com – Apakah anda Sering mendengar kata Toko Online? atau bahkan Belanja Online? ya memang beberapa tahun terakhir ini istilah-istilah tersebut sangat populer dan sangat sering terdengar atau kita jumpai diberbagai media, baik itu media televisi ataupun media cetak dan Internet.

Sebenarnya apa itu belanja Online? belanja online atau yang sering disebut Online Shoping adalah saat anda membeli produk atau sebuah layanan melalui media internet dan tanpa melalui toko tradisional atau toko fisik, inilah yang dinamakan dengan belanja online atau online shoping. Secara Global masyarakat yang membeli produk melalui internet atau melakukan belanja online semakin meningkat, hal itu dikarenakan kemudahan prosedur yang semakin baik dan dikarenakan semakin banyaknya toko online yang tersedia. sedikit sejarah mengenai toko online.

Toko Online, Beli apapun Bisa Dimanapun Tanpa Perlu Repot

Toko Online, Beli apapun Bisa Dimanapun Tanpa Perlu Repot

Toko online menjadi populer tidak lepas dari peran internet yang memang menjadi pondasi atau fasilitas utama dari toko online, sejak internet mulai menyebar dan menjadi terkenal diseluruh dunia pada tahun 1999-2000. Amazon.com adalah sebuah toko buku online yang didirikan oleh Jeff Bezoz, amazon tercatat sebagai toko buku pertama di dunia dan hingga kini masih terus beroprasi dan menjadi salah satu toko online terbesar di dunia.

Mengikuti kesuksesan dari amazon, kemudia banyak toko buku yang memiliki toko fisik ikut terjun membuka toko online. Kemudia beberapa portal berita seperti yahoo.com dan MSN.com juga memulai membuka toko online dengan produk yang lebih bervariasi. Untuk di Indonesia Sendiri portal seperti Olx.com dan Tokopedia menjadi salah satu toko online paling dikenal dimasyarakat saat ini.

Kehadiran Toko online menjadikan gaya baru dalam berbelanja, masyarakat tidak perlu repot datang ke pasar atau ke toko guna membeli barang yang ia butuhkan, cukup menggunakan Gadget atau komputer yang memiliki koneksi internet maka belanja apapun bisa dilakuan dari manapun, selama anda memiliki koneksi internet maka anda dapat membeli kebutuhan anda tanpa harus repot pergi keluar rumah.

Anda dapat membeli segala macam produk dan jasa secara online, mulai dari produk kebutuhan rumah tangga, kebutuhan bayi, smartphone, kosmetik, busana hingga tiket pesawat dan pulsa listrik dapat anda beli secara online. Belanja Online menjadi sangat populer saat ini tidak terlepas dari sifatnya yang mudah, cepat dan terkadang harganya relatif lebih murah.

Saat anda ingin berpergian menggunakan kereta api misalnya, anda tidak perlu repot-repot mengantri berdesak desakan untuk mendapatkan tiket, anda hanya cukup membuka website dan langsung membelinya secara online. Ketersediaan dan toko yang bervariasi juga menjadi alasan kenapa belanja online menjadi pilihan, disaat anda ingin membeli sebuah barang, biasanya anda harus datang kesebuah toko dan memilih barabg yang tersedia ditoko tersebut, jika anda tidak menemukan apa yang anda cari maka anda harus pergi ketoko lainnya, berbeda halnya jika anda memilih berbelanja secara online, karena ada banyak sekali pilihan barang dan penjual yang dapat anda temukan, anda juga dapat mencari harga yang menurut anda lebih murah.

Jika anda sudah memutuskan untuk berlanja online, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memencet tombol beli, anda harus memperhatikan beberapa hal agar anda tidak mengalami hal buruk saat berbelanja online. banyak kasus penipuan berkedok Toko Online, untuk mencegah supaya anda tidak tertipu maka yang pertama anda harus cermat memilih situs atau website tempat anda hendak membeli, pilihlah toko online yang memang sudah terbukti legalitasnya, minimal anda sudah sering melihat iklannya di televisi, jika anda membeli pada toko online dengan model bisnis C2P (konsumen to customer)

Seperti tokopedia dan bukalapak, maka perhatikanlah data penjual, apakah sudah mendapatkan rating yang bagus atau belum, biasanya disana akan terdapat beberapa ulasan seputar kualitas penjual dan barang yang dijual. Sebelum anda berbelanja online juga pastikan anda sudah yakin dengan barang yang akan anda beli, sebab akan sangat repot jika anda salah membaca deskripsi produk dan salah membeli, anda tidak akan bisa dengan mudah menukar kembali barang yang sudah terlanjur anda beli, dan juga usahakan menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya, kenapa kartu kdredit? karena biasanya toko online yang sudah menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran merupakan toko online yang sudah profesional dan terpercaya.

Jadi berbelanja secara online bukanlah sesuatu yang aneh pada saat ini, berbagai kemudahan yang didapatkan dari berbelanja online membuat gaya baru dalam berbelanja ini dapat menjadi pilihan bagi anda saat sedang sibuk atau malas keluar rumah untuk pergi ke toko. Dan pastikan anda sudah memperhatikan beberapa tips yang sudah kami sampaikan sebelumnya, belanja aman dan nyaman dari dalam rumah, kenapa tidak. Selamat berbelanja.

Oleh: Umi Rahayu ( Mahasiswa semester 3 PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )

Like it? Share it!

Leave A Response