Tips Belajar untuk Mahasiswa dengan Kesibukan Super

Senin, Des 28, 2015 | 722 views

JURNALPOST.COM, Sebagai seorang mahasiswa tentu saja tugas mereka bukan hanya sekedar datang kuliah dan mengerjakan tugas saja. Ada tugas lain yang harus tetap dilakoni oleh mahasiswa. Apalagi jika bukan belajar.

Namun belajar di tingkat mahasiswa dengan belajar di tingkat pelahar tentu saja memiliki perbedaan. Wajar saja karena aktivitas mahasiswa lebih padat dan sibuk dibandingkan dengan belajar.

Tips Belajar untuk Mahasiswa dengan Kesibukan Super

Kesibukan yang terlalu banyak membuat banyak mahasiswa mengabaikan tugas mereka. Akhirnya karena kurang belajar prestasi mereka menjadi menurun.

Untuk Anda yang sibuk sebagai mahasiswa namun tetap ingin mendapatkan prestasi baik ada beberapa tips dibawah ini yang bisa Anda tiru:

  1. Sebelum kegiatan luar kampus dijalani, sempatkan membaca dan memahami kembali mata kuliah yang dipelajari satu hari tersebut. Tak perlu waktu lama untuk melakoni aktivitas ini, cukup dalam waktu 15 menit saja.
  2. Jika tak sempat untuk mempelajari materi lagi, sebaiknya perhatikan materi yang disampaikan dosen Anda. Bila belum paham berikan pertanyaan sebanyak mungkin kepada dosen.
  3. Manfaatkan waktu luang atau jam kosong kuliah untuk bertemu dengan dosen Anda dan berdiskusi mengenai mata kuliah yang diampunya.
  4. Istirahatlah yang cukup sesibuk apapun kegiatan yang dilakoni. Karena jika istirahat tak maksimal bisa menyebabkan daya serap otak menjadi berkurang.
  5. Buatlah kelompok belajar yang terdiri dari beberapa rekan Anda. Hal ini bisa membuat pikiran Anda lebih berkembang dan lebih mudah memahami materi.
  6. Luangkan waktu beberapa menit setiap pagi untuk membaca materi yang akan disajikan pada hari tersebut. Catatlah hal-hal terpenting yang ada pada buku bacaan Anda.

Lakukan aktivitas tersebut setiap hari secara rutin. Maka Anda akan mengetahui hasil menakjubkan dari tips tersebut. Setelah melakukan usaha-usaha tersebut, jangan lupa untuk tetap berdoa kepada Tuhan agar dilancarkan segala urusan dan dimudahkan untuk meraih prestasi.

Tetaplah berbuat jujur dalam mengerjakan tugas ataupun ulangan yang diadakan oleh dosen Anda. Demikianlah tips untuk meningkatkan prestasi yang bisa ditiru oleh mahasiswa dengan segudang aktivitas. Semoga tips ini bisa menjadi referensi dalam belajar.

Like it? Share it!

Leave A Response