Seni Tersendiri dalam Memulai Bisnis Bagi Kalangan Pemula

Rabu, Jan 6, 2016 | 484 views

JURNALPOST.COM – Membangun sebuah bisnis tentu diawali dari skala kecil dahulu kemudian dikembangkan untuk menjadi perusahaan besar. Dibutuhkan kiat dan niat yang kuat dan tepat untuk bisa membangun sebuah bisnis yang terus berputar dan memberikan profit. Bagi kalangan pemula sebaiknya tidak terlalu fokus kepada profit usaha sebab di masa awal terkadang justru lebih banyak nomboknya ketimbang panen keuntungan.

Seni Tersendiri dalam Memulai Bisnis Bagi Kalangan Pemula

Membantu membangun pondasi bisnis yang kuat, maka berikut beberapa tips yang sebaiknya dipahami dan kemudian dipraktekkan:

1. Memiliki pola pikir pebisnis
Membangun usaha sendiri sama artinya dengan memangkas waktu untuk sekedar bersantai ataupun bersenang-senang. Perubahan pola pikir menjadi sukses ialah memanfaatkan waktu yang ada sebab waktu merupakan jembatan meraih emas. Pola pikir yang tepat akan membangun kesiapan aspek lain yang mendukung untuk menghadapi setiap resiko bisnis yang nantinya bisa muncul kapan saja.

2. Memiliki dan memperdalam keahlian
Membangun bisnis juga tidak luput dari pemahaman yang tidak harus banyak, asalkan sedikit kemudian mencari ilmu lebih setiap harinya. Hal ini diperlukan untuk memahami bagaimana kiat memilih bahan baku yang baik, pemasaran yang tepat sasaran, dan presentase pengambilan keuntungan secara sehat. Ada banyak aspek yang membutuhkan keahlian lebih, mulai dari jenis bisnis itu sendiri, managemen usaha, pembuatan laporan laba rugi, dan sebagainya.

3. Berani dalam menghadapi segala resiko
Memulai suatu bisnis tentu akan menghadapi berbagai bentuk rintangan, baik dari dalam diri sendiri ataupun pesaing. Maka diperlukan keberanian untuk menanggung setiap bentuk resiko yang nantinya bisa muncul tanpa diduga. Persiapan mental yang cukup akan membuat pengusaha memiliki daya tahan yang baik dan juga pantang menyerah. Jika menghadapi kerugian atau justru kegagalan maka ia akan cepat bangkit dan belajar dari kesalahan yang dibuat tersebut.

Memulai bisnis sendiri ada baiknya diawali dari produk yang dipahami dengan baik, bisa berasal dari hobi yang disukai. namun beberapa bahkan menekuni bidang bisnis yang tidak pernah dikenal sebelumnya. Kemudian mencoba belajar sebanyak mungkin dan pada akhirnya bisa menikmati kesuksesan dari jerih payah yang tadinya dikorbankan.

Like it? Share it!

Leave A Response