Sembilan Jenis Makanan Pembersih Gigi dan Mulut

Sabtu, Des 26, 2015 | 854 views

JURNALPOST.COM, Membersihkan gigi merupakan perawatan wajib setiap hari dan menyikat gigi bukanlah satu-satunya cara membersihkan area didalam mulut. Memelihara kebersihan mulut penting untuk kesehatan secara menyeluruh.

Menyikat gigi dan memainkan benang gigi saja terkadang tak cukup. Untuk hasil maksimal, cobalah konsumsi produk makanan yang memiliki efek pembersih gigi dan mulut secara alami berikut ini :

Sembilan Jenis Makanan Pembersih Gigi dan Mulut

Makan Apel

9. Makan Buah Apel
Menyantap apel baik untuk kesehatan gusi dan gigi lantaran mempunyai efek mengenyahkan bakteri di mulut. Sembari mengurangi asupan gula, cobalah ubah rutinitas menyantap makanan ringan tak sehat dengan apel.

8. Jeruk
Tahukah Anda bahwa vitamin C kunyah dapat mengakibatkan hilangnya enamel gigi? Karena itu, memperbanyak konsumsi jeruk untuk meningkatkan kandungan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

7. Susu atau Keju
Umumnya, kandungan asam pada makanan dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi. Namun susu serta produk turunannya malah dapat mengurangi kandungan asam di mulut. Selain mengenyangkan, gula pada susu tak menyebabkan kerusakan gigi.

Baca Juga : Mengenal Gigi Sensitif, Penyebab dan cara Mengatasinya

6. Bawang Merah
Tambahkan 1 sampai 2 potong bawang merah mentah ke makanan Anda. Hasil Studi di Korean University mengungkap bahwa bawang merah memiliki sifat antibakteri yang kuat. Dalam percobaan mereka, bawang merah bisa mengenyahkan empat jenis bakteri pemicu rusaknya gigi.

5. Kacang mede
Kacang medeSudah lama terbukti bahwa kandungan minyak ekstrak kacang mede mempunyai kandungan zat antimikroba pemicu gigi rapuh. Selain itu, kacang mede juga dapat membuat cerah kulit Anda dan mengusir bakteri pemicu jerawat.

4. Sari kacang hijau
Produk makanan ini bisa memiliki dampak pembersih mulut yang baik. Kandungan enzim dan asam malicyang juga ditemukan pada anggur, di dalamnya membantu menangani noda membandel di gigi.

3. Seledri
Seledri menghasilkan banyak air liur, yang berguna melawan bakteri pada mulut. Selain itu Seledri juga mempunyai efek baik pada gusi dan membantu membersihkan celah diantara gigi.

2. Wasabi
Apakah anda penggemar sushi?, Kini ada satu lagi alasan untuk semakin menggemarinya. Bumbu pedas pada menu khas Jepang, sushi, ini bisa menyudahi tindakan bakteri yang sedang berupaya menghancurkan gigi sehat Anda.

1. Air
Selain dari ketujuh jenis makanan diatas, Minum air putih atau berkumur dengan air bersih merupakan kebiasaan baik yang sering disarankan para dokter gigi. Air mempunyai manfaat yang samadengan cairan pencuci mulut yakni membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri didalam mulut Anda.

Like it? Share it!

Leave A Response