Polisi Republik Indonesia Torehkan Tinta Emas di Mata Dunia

Senin, Des 28, 2015 | 984 views

JURNALPOST.COM, JAKARTA, Sebanyak 140 orang polisi Indonesia yang tergabung dalam Satgas FPU (Formed Police Unit) akhirnya kembali ke Tanah Air. Mereka baru saja mengabdikan dirinya di Darfur, Sudan untuk mencapai misi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dalam bidang perdamaian dunia.

Selain FPU, 9 anggota polisi yang merupakan perwakilan Indonesia melalui jalur Individual Police Officer (IPO) juga kembali ke Indonesia. Mereka dianugerahi penghargaan Satyalancana Bhakti Buana.

Polisi Republik Indonesia Torehkan Tinta Emas di Mata Dunia

Upacara keberangkatan IPO (Individual Police Officer) Jumat 8/8/2014 foto: Jawapossmakassar.com, M.Akbar Rahman

Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan memberikan apresiasi kepada polisi FPU dan IPO yang menjadi perwakilan Indonesia ke luar negeri.

“Saya apresiasi, dengan semangat dan disiplin yang ditunjukkan oleh perwira dan brigadir Polri sehingga bisa menorehkan tinta emas dalam kiprah Polri di mata dunia. FPO mampu menjadi yang terbaik dari 14 kontingen dari 14 negara yang mengabdi di Sudan. Sementara IPO mampu memeroleh nilai tertinggi hingga 95 persen,” ujar Wakapolri di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin (28/12/2015/[okezone]).

Budi Gunawan menambahkan, tidak banyak anggota Polri yang dapat dipercaya membawa misi dengan bendera PBB ini. Ia berpesan kepada perwira dan brigadir yang telah kembali ke Tanah Air agar menjadikan pengalaman yang ada di Sudan menjadi pengabdian di Indonesia.

“Saya harap mereka bisa menjadi contoh dan segera lakukan penyesuaian kembali di tempat bertugas guna melanjutkan pengabdian sebagai bayangkara negara,” jelasnya.

Polisi Indonesia yang menjalani proram FPU dan IPU ini menjalani tugas di Darfur, Sudan selama kurang lebih satu tahun. Mereka mulai bertugas sejak November 2014 dan kembali Desember 2015.

Like it? Share it!

Leave A Response