Pentingnya Memberikan Pendidikan Dasar Bagi Anak

Selasa, Des 29, 2015 | 703 views

JURNALPOST.COM, Pendidikan berkualitas tak hanya bergantung pada baik atau tidaknya sebuah institusi. Tetapi juga bergantung pada penanaman pendidikan sedini mungkin. Berbicara mengenai pendidikan dini tentu tak lepas hubungan dengan yang namanya taman kanak-kanak atau taman bermain.

Saat ini di Indonesia sudah banyak muncul institusi setingkat tersebut. Kemunculan TK dan PAUD yang banyak ini ternyata karena kesadaran orang tua akan pendidikan semakin meningkat. Sebenarnya apakah pendidikan dini ini penting diberikan untuk anak? Selain itu adakah manfaat lain jika seorang anak disekolahkan dengan usia yang sangat dini?

Pentingnya Memberikan Pendidikan Dasar Bagi Anak

Jika ditinjau dari penting atau tidaknya, tentu saja memberikan pendidikan dasar untuk anak sangat penting. Hal ini karena beberapa alasan diantaranya:

Mengenalkan pendidikan dasar saat usia dini bisa mengembangkan jiwa bersosialisasi anak.
Bisa mengembangkan saraf motori dan sensorik anak. Karena dalam pendidikan dini anak akan lebih banyak diajarkan ativitas belajar berupa bermain.
Bisa menanamkan pendidikan karakter dini pada anak. Sudah tahu bukan manfaat dari pendidikan karaketer ini?
Kreativitas anak bisa terlatih lebih dini.
Anak bisa memiliki aktivitas yang menyenangkan.
Pendidikan dasar sangat penting diberikan pada anak agar lebih mengenal dunia luar. Apalagi jika ia belum mengenali lingkungan tersebut.

Banyak sekali bukan alasan penting untuk memberikan pendidikan dini pada anak. Jadi sebagai orang tua seharusnya Anda bisa lebih berinisiatif untuk memberikan pendidikan ini. Namun ketika ingin memilihkan TK, PAUD atau institusi pendidikan dasar sejenis sebaiknya perhatikan beberapa aspek.

Pertama pilihlah lokasi sekolah yang tak jauh dari rumah. Sehingga buah hati Anda tidak merasa lelah karena perjalanan yang panjang. Kedua, jangan paksa apabila anak tidak mau berangkat ke sekolah. Bisa jadi ia merasa bosan dan lelah. Biarkan ia beberapa hari tinggal dirumah.

Terakhir pastikan buah hati Anda merasa nyaman dengan lingkungan sekolah. Karena jika ia nyaman pastilah Anda akan memperoleh manfaat dari mendidik anak sejak usia dini. Nyaman di sekolah bisa diartikan dengan kemampuan anak menyesuaikan dengan lingkungan dan penghuninya.

Like it? Share it!

Leave A Response