PAD Wisata Bulukumba Raih Rp 172 Juta Pada Malam Pergantian Tahun

JURNALPOST.COM, BULUKUMBA – Pada malam pergantian tahun 2015-2016 obyek wisata bahari kabupaten Bulukumba pantai Bira, berhasil meraih PAD (Pendapatan Asli Daerah) sebanyak 172 juta rupiah.

Djunaedi Abdillah selaku KADIS Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bulukumba mengatakan bahwa pada saat malam pergantian tahun baru 1 Januari 2016 lalu, Obyek wisata Pantai Bira berhasil mendongkrak pencapaian PAD disektor pariwisata sebanyak 2,5 %.

Berakhir Pekan di Tanjung Bira Bulukumba, Dijamin Seru

Bira Beach foto by asahjaya

PAD sebesar Rp172 juta merupakan pajak dari retribusi masuk, Kafe, serta pajak dari Hotel dan wisma yang digunakan pengunjung untuk bertahun baru. “Intinya kepada masyarakat, bukan kepada daerah, luar biasa perputaran ekonomi khusus di Bira pada tahun baru kemarin, mereka beli makanan kita, baju, hingga aksesoris,” tuturnya, Senin 04/01/2015.

BACA JUGA : Berakhir Pekan di Tanjung Bira Bulukumba, Dijamin Seru

Meski demikian, Djunaedi mengaku, target PAD khusus Pariwisata tidak berhasil dicapai. Target yang telah ditetapkan sebanyak Rp2.328.500.000, sedangkan capaiannya hanya sebesar Rp1.711.600.000 atau setara 73,11 %.

Djunaedi pun berjanji 2016 mendatang dia akan melakukan pembangunan pada beberapa obyek wisata lainnya guna mendukung pencapaian PAD wisata Bulukumba.

“Tahun ini kita belum bisa mencapai PAD 100 %, tapi untuk tahun 2016, kami akan melakukan beberapa pembangunan seperti Pantai Apparalang dan Mandala Ria, guna menarik wisatawan yang lebih banyak lagi, dan membantu pendapatan wisata yang selama ini masih dititik beratkan pada Pantai Bira,” katanya. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response