Mengenal Sistem Politik yang Pernah Diterapkan di Indonesia

Senin, Jan 11, 2016 | 2454 views

JURNALPOST.COM – Politik merupakan bagian yang sangat penting dalam terselenggaranya negara yang baik. Semua sistem kenegaraan tak akan pernah bisa berjalan jika seandainya tak ada tujuan dan cara untuk mendapatkan tujuan tersebut. Indonesia sendiri sebenarnya termasuk negara yang banyak mengalami perubahan dalam sistem politiknya, selain menyesuaikan dengan perubahan zaman juga melihat dari gaya kepemimpinan masing-masing kepala negara.

Mengenal Sistem Politik yang Pernah Diterapkan di Indonesia

Berikut ini ada kilas balik mengenai beberapa sistem politik yang pernah dijalankan di negara Indonesia, yaitu:

• Kerajaan, di zaman dahulu sistem pemerintahan masih dalam batas lingkup kerajaan, masa ini juga dikenal sebagai pra kolonial, yaitu dijalankan sebelum adanya bangsa-bangsa asing yang menjajah di Indonesia, mayoritas kerajaan juga beragam mulai dari Hindu-Budha hingga islam, mereka menggunakan strategi kepemimpinan vertikal, langsung dari atasan ke bawahan.

• Masa kolonial, datangnya bangsa asing ke Indonesia memberikan banyak sekali perubahan dalam aspek politik, apalagi sejak tujuan awal mereka bukan hanya untuk berdagang lagi, melainkan demi menduduki bangsa Indonesia, kapabilitas kepemimpinan mulai diganti oleh bangsa asing, sistem vertikal juga tak lagi dijalankan, sebenarnya pada masa ini bangsa Indonesia mulai banyak belajar lagi mengenai gaya kepemimpinan yang mengadopsi luar.

• Demokrasi liberal, dikenal juga sebagai politik demokrasi bebas, dimana pada saat ini para aparat negara mulai loyal kepada bawahannya.

• Masa demokrasi terpimpin, berbeda dengan liberal yang memungkinkan semua tuntutan dijalankan dengan bebas dan didengarkan oleh negara, pada masa ini ada banyak batasan-batasan yang dibuat, semua hal dikuasai oleh militer, keterlibatannya sangat kuat bahkan sulit untuk ditembus.

• Masa demokrasi pancasila, sudah mulai banyak perubahan dari yang dulunya terpimpin dan dibatasi menjadi longgar, pembatasannya, hanya saja disini fungsi yang kurang jelas, meskipun dari berbagai aspek lebih baik dari terpimpin.

• Masa reformasi, pada saat reformasi berbagai aspek mulai diperhatikan oleh negara, yang paling jelas terlihat adalah HAM.

Diharapkan nanti ke depannya sistem politik yang dianut atau diadopsi tetap memperhatikan pada kepentingan rakyat secara keseluruhan.

Like it? Share it!

Leave A Response