Mengenal Ciri-ciri Kosmetik Berbahaya

Selasa, Jan 5, 2016 | 832 views

JURNALPOST.COM – Kosmetik kini menempati peringkat kedua tingkat konsumsinya setelah sembako, Kosmetik yang beredar dipasaran sudah sangat banyak jenis dan merknya, para konsumen pun berlomba-lomba untuk tampil lebih cantik, namun tahukah anda bahwa banyak kosmetik yang cukup berbahaya bagi tubuh anda? Apa sajakah itu simak info dibawah ini.

Mengenal Ciri-ciri Kosmetik Berbahaya

Ilustrasi Kosmetik Berbahaya

1. Tidak memiliki label BPOM
Sebelum produk kosmetik beredar di pasaran, makan produk tersebut terlebih dahulu diteliti oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), hal ini akan menjadi jaminan tersendiri dalam menggunakan kosmetik berlabel BPOM, Produk-produk yang tidak memiliki label BPOM biasanya produk yang masuk secara ilegal sehingga pemerintah sendiri tidak bisa menjamin keamanan produk tersebut.

2. Komposisi produk
Perhatikan komposisinya, langkah kedua yang cukup penting anda ketahui bahan-bahan yang digunakan dari produk tersebut, karena cara ini menjelaskan isi dari produk yang hendak anda beli, kosmetik yang baik adalah kosmetik yang tidak megandung bahan berbahaya seperti Elastin, Merkuri , Kolage, Plasenta, Gelatin dan Hidroquinon.

Beberapa bahan seperti Elastin plasenta dan gelatin tidak disarankan bagi umat Islam karena zat-zat ini berasal dari hewan yang diharamkan, hasil ekstrak dari hewan ini menjadi bahan dari kosmetik maka dari itu Anda perlu mengecek dan mengetahui bahan-bahan yang ada dalam kosmetik tersebut.

3. Tanggal kadaluarsa
Kosmetik yang sudah tidak layak pakai dapat di temukan ciri-cirinya pada label kemasannya, tanggal yang sudah melewati ambang batas hanya akan merusak kulit, bukan memperbaikinya.

4. Produk yang menjanjikan Hasil Sekejap
Pada umumnya produk alami memerlukan waktu untuk mencerahkan wajah sekitar 3 sampai 4 minggu, tapi jika ada produk yang menjanjikan wajah putih secara instan maka sebaiknya perhatikan komposisi bahan kimianya, biasanya produk seperti ini memiliki kandungan bahan kimia yang diluar ambang batas ketahanan tubuh.

5. Hindari produk tak dipercayai
Mencari tahu khasiat produk dari Internet dan sumber terpercaya dengan seksama akan sangat membantu anda mengetahui ciri-ciri produk yang kurang baik ataupun produk berbahaya, anda dapat mencarinya melalui internet, koran atau majalah, ataupun dari tetangga atau kerabat terdekat anda.

Like it? Share it!

Leave A Response