Layanan Whatsapp di Blokir, Warga Brasil Beralih ke Aplikasi lain

Minggu, Des 20, 2015 | 405 views

JURNALPOST.com – BRASILIA, Pengadilan Brasil memerintahkan perusahaan telekomunikasi di negara tersebut untuk memblokir akses aplikasi layanan pesan WhatsApp sejak Kamis tengah malam (17/12/2015) waktu setempat. Perintah tersebut dikarenakan pihak WhatsApp yang mengulangi ketidakpatuhan putusan pengadilan Brasil yang disahkan kembali pada Juli silam.

Layanan Whatsapp di Blokir, Warga Brasil Beralih ke Aplikasi lain

Seperti dilansir Mirror, Jumat (18/12/2015) pemblokiran tersebut terkait dengan proses pidana dalam kasus yang melibatkan seorang pedagang narkoba yang disinyalir menggunakan layanan WhatsApp di kasus kejahatan.

Sedikitnya 93 juta warga Brasil kini harus beralih menggunakan aplikasi lain lantaran penutupan ini. Brasil diketahui sebagai salah satu negara dengan pengguna Whatsapp terbesar di Dunia saat ini. Tercatat dari total 900 juta pengguna Wahtsupp di dunia, sekitar 100 juta warga Brasil menggunakan Layanan Whatsapp dalam berkomunikasi.

CEO WhatsApp Jan Koum sangat menyesalkan keputusan pengadilan Braszil yang dinilai telah mengisolasi warga negara itu dari dunia. Hal senada diutarakan oleh CEO Facebook/Mark Zuckerberg yang merupakan perusahaan induk dari WhatsApp. “Hari ini merupakan hari yang sedih untuk rakyat Brasil, karena Brasil sejauh ini merupakan bagian dari inisiasi internet terbuka,” Jelas Zuckerberg.

Sebuah operator telekomunikasi di Brasil menyatakan bahwa mereka mendapat perintah untuk memblokir layanan WhatsApp di negara tersebut.. Meski demikian, mereka mengklaim tidak terlibat kasus pelanggaran hukum.

Like it? Share it!

Leave A Response