Kuliner Tradisional Paling Terkenal di Indonesia

JURNALPOST.COM – Indonesia memiliki banyak sekali kuliner yang enak dan sedap. Kuliner Indonesia memiliki jenis yang banyak tergantung pada daerah asalnya. Kebanyakan kuliner di Indonesia sudah berusia hingga ratusan tahun dan resepnya didapatkan dari turun temurun. Ada beberapa kuliner daerah Indonesia yang telah terkenal di masyarakat. Apa sajakah kuliner tersebut? Lebih baik baca informasinya berikut ini.

Kuliner Tradisional Paling Terkenal di Indonesia

Beberapa kuliner Indonesia yang telah terkenal di masyarakat antara lain:

Kerak telor
Kerak telor adalah salah satu kuliner khas Indonesia tepatnya berasal dari Jakarta. Kerak telor biasanya terbuat dari telur ayam maupun itik. Telur tersebut digoreng dan kemudian ditambahkan beberapa bumbu khusus seperti kelapa sangrai, cabai, garam dan beberapa bumbu dapur lainnya. Rasa yang diciptakan kuliner ini berupa gurih bercampur manis.

Lunpia
Lunpia adalah kuliner khas dari Semarang yang terbuat dari rebung yang dibungkus dengan kulit martabak dan dibumbui dengan bumbu pilihan. Selain rebung biasanya di dalam lunpia juga ditambahkan udang atau beberapa isian lainnya. Rasanya yang krispi dan gurih membuat siapa saja yang mencoba menjadi ketagihan.

Gudeg
Gudeg adalah makanan khas dari Yogyakarta dan terbuat dari buah nangka muda. Gudeg biasanya memiliki rasa manis bercampur gurih. Gudeg biasanya disajikan bersama nasi, telur, sayuran lain dan sambal. Untuk menemukan gudeg ini juga mudah karena di setiap pinggir jalanan Yogyakarta selalu ada penjualnya.

Bika ambon
Bika ambon namanya, tetapi makanan yang satu ini berasal dari Medan dan menjadi oleh-oleh khas kota Medan. Bika ambon adalah roti yang terbuat dari tapai yang dicampur dengan beberapa bahan pilihan. Umumnya bika ambon memiliki warna kuning dan rasanya manis. Tekstur dari roti ini juga kenyal namun tetap nyaman saat dimakan.

BACA JUGA : Kuliner Khas Indonesia Paling Mendunia

Itulah beberapa makanan khas tradisional yang patut Anda coba. Tak hanya mencoba saja tetapi Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk bahan yang diperlukan Anda bisa mencari tahu lewat internet. Membuat masakan makanan tradisional sendiri dirumah merupakan salah satu bukti telah melestarikan kuliner nusantara. Demikian informasi ini dan semoga bermanfaat.

Like it? Share it!

Leave A Response