Jangan Buang Flash Disk Bekas Anda!

Minggu, Jan 3, 2016 | 831 views

JURNALPOST.COM – Flash disk adalah alat penyimpanan eksternal yang sangat penting untuk dimiliki pada era moderen ini. Flash disk memiliki ukuran yang beragam mulai dari 4 gigabyte hingga yang terbaru saat ini adalah 64 gigabyte. Biasanya seseorang akan membeli flash disk sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka.

Jangan Buang Flash Disk Bekas Anda

Namun belakangan ini flash disk kurang diminati karena beragam alasan. Pertama karena ukurannya terlalu kecil sehingga mudah hilang, kapasitasnya kurang dari kebutuhan, sudah munculnya hard disk eksternal dan banyak orang sudah beralih ke penyimpanan digital.

Sehingga wajar saja jika saat ini banyak sekali flash disk yang teronggok begitu saja. Sebenarnya ada beberapa tips untuk memanfaatkan flash disk yang tak terpakai lagi. Apa sajakah tips tersebut? Simak informasinya berikut ini:

Menyimpan sistem operasi

Sistem operasi biasanya disimpan ke dalam compact disk. Tetapi saat ini laptop-laptop baru yang muncul tidak dilengkapi dengan CD-ROM. Jadi solusinya apabila ingin menginstalasi laptop tersebut adalah dengan menyalinnya terlebih dahulu ke dalam flash disk. Disinilah Anda bisa memanfaatkan flash disk Anda yang sudah tak terpakai lagi. Selain itu menyimpannya ke dalam flash disk juga membuat sistem operasi tidak mudah rusak ataupun corrupt.

Menyimpan master program

Selain bisa digunakan untuk menyimpan sistem operasi, flash disk bekas juga bisa digunakan untuk menyimpang master program atau software penting yang Anda butuhkan. Misalnya anti virus, game dan sebagainya. Keunggulan menyimpan dalam flash disk ini ialah mampu menyimpan program dalam jumlah yang cukup banyak. Jadi tak perlu membeli album CD lagi. Selain itu ukuran flash disk juga lebih kecil sehingga tidak memakan tempat saat disimpan ke dalam meja kerja Anda

Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan diatas saja. Kehadiran flash disk juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya menjalankan aplikasi atau software yang portable. Bisa juga digunakan untuk mengamankan laptop Anda dari pencuri dengan cara menanamkan aplikasi predator ke dalam flash disk tersebut. Jadi jika memiliki flash disk tak terpakai, jangan terburu-buru untuk membuangnya.

Like it? Share it!

Leave A Response