Ingin Kuliah Ke Luar Negeri? Pertimbangkan Ini Dulu!

Rabu, Des 30, 2015 | 605 views

JURNALPOST.COM – Setiap orang pasti menginginkan memperoleh pendidikan yang layak. Untuk memenuhi keinginan tersebut tak sedikit orang yang rela memutuskan untuk ke luar negeri. Sudah tak disangkal lagi jika beberapa universitas di luar negeri mampu memberikan pembelajaran yang berkualitas serta lebih baik dibandingkan di dalam negeri.

Namun sebelum memutuskan untuk kuliah ke luar negeri pastinya ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. Mulai dari memilih kampus, memilih tempat singgah dan masih banyak lagi yang lainnya. Lantas masih adakah hal lain yang perlu diperhatikan?

Ingin Kuliah Ke Luar Negeri? Pertimbangkan Ini Dulu!

Untuk Anda yang ingin kuliah ke luar negeri sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

Biaya

Pertimbangan yang pertama dan sering menjadi permasalahan adalah biaya. Mungkin untuk biaya kuliah Anda bisa mencari beasiswa. Akan tetapi bagaimanakah dengan biaya kehidupan selama menetap disana? Apakah Anda akan menjadi pekerjaan sampingan atau hanya mengandalkan kiriman orang tua.

Kualitas pendidikan dan kampus

Sebelum memutuskan kuliah ke luar negeri tentu saja Anda sudah melakukan survei ke beberapa kampus luar negeri. Pastikan Anda memilih kampus yang berkualitas unggul dibandingkan dengan kampus yang ada di dalam negeri. Akan percuma bukan jika kampus yang dipilih ternyata memiliki kualitas sama dengan di dalam negeri.

Musim

Jika ingin melanjutkan kuliah di luar negeri tentu saja Anda harus memperhatikan musim yang ada di negara tujuan. Tentu saja musim tersebut tak sama dengan yang ada di Indonesia. Apakah Anda sudah kuat untuk menghadapi perbedaan musim tersebut?

BACA JUGA : Tips Belajar untuk Mahasiswa dengan Kesibukan Super

Pertimbangkan permasalahan tersebut secara matang. Agar tak timbul penyesalan di kemudian hari. Bila ternyata sudah mantap untuk kuliah ke luar negeri segeralah urusi prosedur yang berlaku beserta dokumen yang dibutuhkan.

Kerjakan tes masuk ke kampus tersebut dengan sungguh-seunggu agar peluang untuk diterima lebih terbuka. Jika sudah diterima pastikan Anda belajar dengan sungguh-sungguh. Agar kesempatan emas ini tidak sia-sia begitu saja. Jangan lupa setelah lulus nanti untuk tetap murah hati mengamalkan ilmu yang didapat selama kuliah di luar negeri.

Like it? Share it!

Leave A Response