Harga BBM di Arab Saudi naik lebih dari 50 Persen

Selasa, Des 29, 2015 | 557 views

JURNALPOST.COM – Arab Saudi awal minggu ini menaikkan harga bensin bahkan sekitar lebih dari 50% untuk beberapa jenis. Biaya solar, listrik, air, dan minyak tanah akan naik akan tetapi besarannya belum diumumkan, demikian ketentuan dewan menteri yang di pimpin oleh Raja Salman, seperti dilaporkan kantor berita resmi SPA.

Harga BBM di Arab Saudi naik lebih dari 50 Persen

Dewan mengambil keputusan untuk menaikkan harga bensin tanpa ada timbal 0, 90 riyal (0, 24 dolar AS)/liter dari 0, 60 riyal dengan kata lain naik 50% dan untuk bensin mutu lebih rendah menjadi 0, 75 riyal (0, 20 dolar AS)/liter dari 0, 45 riyal per liter alias naik 67%.

Harga BBM di Saudi termurah di lokasi Teluk. Harga BBM ini dinaikkan bersamaan pemotongan subsidi menyusul biaya berbelanja Saudi yang memecahkan rekor defisit.

Konglomerat minyak nasional Aramco menyampaikan pasa akun Twitternya, pihaknya segera menutup SPBU hingga tengah malam pada Senin saat sebelum melanjutkan penjualan di harga yang baru.

Kabinet menyampaikan kenaikan ini bersamaan dengan harga energi internasional.

Arab Saudi mengikuti jejak dari tetangganya Uni Emirat Arab, sebagai negara Teluk pertama yang meliberalisasi harga BBM awal tahun ini.

Kuwait mencabut subsidi solar dan minyak tanah pada awal tahun 2015 serta merencanakan melakukan pemotongan yang lain awal tahun depan, terlebih pada listrik dan bensin.

Negara-negara Teluk lainnya sedang memperhitungkan beberapa langkah sama.

Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan biaya langsung subsidi energi di negara-negara Teluk meraih 60 miliar dolar AS. Bila biaya tak langsung seperti beban lingkungan dan lalu lintas jalan dihitung, biaya naik jadi 175 miliar dolar AS.

IMF menyampaikan bahwa bila Arab Saudi menaikkan harga BBM-nya ke tingkat Teluk, itu dapat menghemat sekitar 17 miliar dolar AS per tahun. (Uu. SYS/B/A026/C/A026/ANTARA)

Like it? Share it!

Leave A Response