Dr Lula Kamal: Ini Bahaya Pemakaian Kosmetik Sejak Dini

Sabtu, Des 19, 2015 | 785 views

JURNALPOST.COM – Saat usia masih belia terdapat banyak masalah wajah timbul utamanya pada bagian muka, hal ini disebabkan oleh pemakaian make-up yang tidak tepat atau kosmetik yang dipakai tak sesuai dengan kebutuhan kulit.

Dr Lula Kamal: Ini Bahaya Pemakaian Kosmetik Sejak Dini

Menurut pakar kesehatan kulit, dr Lula Kamal, terdapat beberapa masalah saat usia masih remaja, yakni tingginya pemakaian make-up sebelum waktunya. Hal ini dapat memberikan efek buruk bagi kulit remaja yang telah menggunakan make-up secara berlebihan.

Salah satu efek yang ditimbulkan oleh penggunaan make-up pada usia dini, yakni iritasi pada kulit, timbul flek hitam pada wajah dan ketergantungan akan kosmetik.

“Bagi remaja yang terlalu dini menggunakan make-up dapat menyebabkan hilangnya kecantikan alami pada wajah dan penuaan dini. Jika memang kosmetik itu sangat dibutuhkan, sebaiknya gunakanlah kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit,” ungkap Lula Kamal, saat jumpai pada peluncuran Moko-Moko, Kamis 17/12/2015.

Dr Lula Kamal juga menambahkan, beberapa jenis kosmetik mengandung zat kimia, di antaranya triclosan, parabens, phthalates, dan musks. Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan, bahan-bahan kimia tersebut dapat mengakibatkan gangguan hormon, depresi, kanker,, dan pubertas dini.

Untuk itu, ia menyarankan khusunya para remaja sebaiknya menggunakan kosmetik saat sudah berusia diatas 17 tahun, karena pada usia tersebut kulit wajah sudah siap untuk mendapatkan pemakaian kosmetik dan perawatan.

Like it? Share it!

Leave A Response