Berkenalan dengan Yogurt dan Cara Pembuatannya

Rabu, Jan 6, 2016 | 664 views

JURNALPOST.COM – Setiap berkunjung ke berbagai supermarket dengan mudahnya Kita akan menemukan berbagai jenis olahan yogurt dari beberapa merk. Yogurt menjadi salah satu jenis kuliner yang baik bagi kesehatan tubuh terutama untuk sistem pencernaan.

Berkenalan dengan Yogurt dan Cara Pembuatannya

Tidak heran banyak orang yang sekarang gemar menyantap yogurt ini sebagai salah satu resep untuk tetap sehat. Rasa yogurt pun cenderung khas, yakni agak manis dan juga sedikit asam yang memberikan sensasi tersendiri saat lumer di lidah.

Mengenal Jenis Yogurt

Menjadi kuliner yang mudah dijumpai, tentunya tidak keliru jika Kita mulai mengenal jenis kuliner fermentasi satu ini. Yogurt merupakan hasil fermentasi dari susu segar, baik susu sapi maupun susu dari kambing. Jenis yogurt ternyata ada 3 macam, yakni:

1. Set yogurt
Set yogurt merupakan yogurt murni, yakni murni hasil fermentasi susu dengan tidak menambahkan bahan apapun. Baik itu gula, madu, perasa makanan, dan lain sebagainya sehingga memiliki tekstur yang sangat kental kemudian rasanya juga jauh lebih asam dibanding jenis lainnya.

BACA JUGA : 3 Manfaat Hebat Dari Yoghurt

2. Stir yogurt
Stir yogurt merupakan turunan pertama dari set yogurt dengan tekstur yang sama kentalnya namun sudah ditambahkan berbagai bahan tambahan. Yogurt jenis ini akan memiliki rasa tertentu sesuai perasa yang dimasukkan, baik rasa buah-buahan maupun sekedar manis dari madu atau gula.

3. Drink yogurt
Drink yogurt sudah melalui proses yang lebih panjang sekaligus ditambahkan perasa makanan tertentu. Proses panjang inilah yang kemudian menjadikan drink yogurt lebih encer dan biasanya dikemas dalam kemasan siap minum, sehingga disebut sebagai drink yogurt.

Proses Pembuatan

Yogurt pada dasarnya bisa dibuat sendiri di rumah, sebab bahan yang diperlukan mudah diperoleh sekaligus mudah pula cara pembuatannya. Bahan yang diperlukan diantaranya adalah susu bubuk. Susu cair, yogurt tawar, dan sedikit gula pasir. Caranya adalah:

Pertama rebus susu bersama dengan gula di api yang kecil hingga mencapai suhu 80 derajat celcius.
Setelah mendidih, tunggu hingga agak dingin kemudian masukkan yogurt tawar lalu tutup hingga rapat dan diamkan 24 jam.
Menyantapnya bisa bersama buah yang disukai agar lebih kaya rasa.

Like it? Share it!

Leave A Response