Belajar Istilah Kamera Digital Sebelum Membelinya

Kamis, Jan 14, 2016 | 366 views

JURNALPOST.COM – Memotret sebuah obyek baik yang bernyawa maupun benda mati memang akan terlihat lebih hidup jika menggunakan kamera berkualitas. Sekarang ada banyak pilihan kamera yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Sebut saja beragam jenis kamera digital, kamera DSLR, dan kamera dengan bagian tertentu dan istilah yang cukup sukar dimengerti. Memilih kamera akan semakin tepat jika paham apa saja fitur yang tertanam di dalamnya.

Belajar Istilah Kamera Digital Sebelum Membelinya

Akan muncul masalah jika beberapa istilah di layar kamera tersebut tidak begitu dikenal apalagi dipahami maknanya. Sedikit belajar berikut beberapa istilah yang akrab muncul di layar maupun tombol kamera digital:

1. Af-lock
Merupakan istilah lain dari auto focus yang berfungsi untuk mengunci fokus lensa agar bidikan tepat mengenai sasaran yang dipotret. Menjadi fitur penting untuk membuat tokoh dalam foto terlihat jelas dan dominan.

2. Aperture
Aperture merupakan istilah yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai berapa banyak cahaya yang akan ditangkap kamera. Sehingga Kita bisa menimbang di sudut mana untuk mendapatkan gambaran obyek terlihat lebih baik dan lebih hidup.

3. Burst mode
Fitur ini terdapat pada semua jenis kamera digital, dan gunanya adalah untuk membantu menghasilkan beberapa gambar. Dalam satu kali bidikan untuk mencari gambar mana yang paling berkualitas diantara bidikan tersebut.

4. Fitur CCD
CCD merupakan kepanjangan dari Charger Coupled Device, masuk ke dalam kategori chip yang terdapat di dalam tubuh kamera digital. Fungsi dari chip ini ialah untuk mengambil obyek dengan tepat sebab menjadi sensor gambar bagi kamera tersebut.

5. Compact flash
Sama seperti gadget pada umumnya, kamera digital juga menyediakan fitur untuk menyimpan beberapa file terutama dalam bentuk gambar maupun video. Maka diperlukan media penyimpanan yang mencukupi sehingga tersedia memory eksternal dalam bentuk Compact flash ini.

6. Continuous shot
Fungsinya serupa dengan fitur Burst mode dimana bisa menghasilkan beberapa gambar dalam satu kali pengambilan kamera. Namun dengan fitur Continuous shot Kita mampu membidik dengan baik untuk obyek yang bergerak agar terlihat lebih jelas.

Like it? Share it!

Leave A Response