7 Langkah Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

Minggu, Jan 3, 2016 | 1603 views

JURNALPOST.COM – Setiap orang tua tanpa kecuali pastinya mendambakan anak yang pandai, karena dengan hal tersebut akan mendukungnya dalam meraih cita-cita. Hanya saja perlu diketahui bahwa kepandaian tersebut tak datang dengan sendirinya, Anda juga memiliki peran penting dalam mendidik mereka, pendidikan sedini mungkin sangat penting untuk menentukan masa depannya.

7 Langkah Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

Nah lalu bagaimana membuat Anak Anda menjadi rajin belajar, hal ini juga bisa dimulai sedini mungkin. Berikut ada beberapa motivasi yang bisa kamu gunakan:

1. Mulai tanya mengenai sekolahnya, anak-anak umumnya saat masih kecil mulai tertarik dengan pendidikan, mereka sudah punya keinginan untuk bergabung dengan lembaga belajar karena memang ada banyak teman yang bisa dijumpai disana. Sebagai orang tua Anda juga harus mulai respect, kiranya nanti lembaga pendidikan mana yang ingin dimasuki.

2. Berikan ia motivasi tentang pentingnya pendidikan, pola pikir anak-anak memang sangat sederhana, kamu bisa memberikan pengarahan bahwa belajar itu sangat penting untuk membuat mereka pintar, jika memang tak tau apa itu pintar sebagai orangtua Anda juga bisa menjelaskan bahwa nantinya di masa yang akan datang anak bisa mendapatkan apapun yang diinginkan jika pintar.

3. Berikan ia pujian saat berhasil mencoba sesuatu, misalkan dalam hal belajar menulis atau membaca, saat ia bisa kamu bisa memuji dengan begitu ada rasa untuk selalu melakukan sesuatu dengan baik.

4. Motivasi lainnya adalah pemberian hadiah, anak kecil memang sangat senang jika diberikan hadiah oleh orang tua mereka. Cobalah Anda menjanjikan hadiah jika ia dapat juara kelas, dengan begitu ada upaya untuk rajin dalam belajar.

5. Dukungan lain adalah dalam bentuk alat sekolah, berikan ia alat sekolah secara lengkap, jika bisa kamu juga harus melengkapi koleksi buku yang digemari.

6. Buat mereka disiplin terhadap waktu belajar, karena masih kecil ingatkan bahkan temani mereka dalam belajar.

7. Buatlah suasana yang menyenangkan saat belajar, jangan hanya penjelasan teori secara monoton saja, sekali-kali tak ada salahnya keluar ruangan dan langsung berbaur dengan alam.

Tak terlalu sulit bukan membuat anak rajin belajar.

Like it? Share it!

Leave A Response