7 Cara Rahasia Agar Anak Lancar Membaca

Senin, Jan 4, 2016 | 6522 views

JURNALPOST.COM – Setiap orang tua tentu saja menginginkan anaknya lebih unggul dibandingkan dengan teman sebayanya. Tak hanya unggul dari keaktifan saja tetapi juga unggul soal prestasi misalnya membaca. Namun untuk membuat anak lebih cepat bisa membaca tentunya bukan hal mudah.

7 Cara Rahasia Agar Anak Lancar Membaca

Terkadang ada beberapa kendala yang menghalangi misalnya saja si anak yang mudah jenuh. Namun saat ini ada beberapa cara untuk mengajarkan anak membaca sehingga ia lebih cepat memahaminya. Apa sajakah cara tersebut? Simak info dibawah ini.

Beberapa cara untuk melatih anak membaca adalah sebagai berikut:

1. Buatlah suasana menyenangkan sebelum mengajarinya membaca. Hal ini akan membuat anak Anda lebih tertarik.
2. Berikan alat pembelajaran seperti balok berhuruf saat mengajarinya membaca. Bisa juga Anda membuat kartu mainan sendiri dengan gambar dan warna-warna menarik.
3. Gunakan buku baca yang memiliki gambar menarik sehingga perhatian anak bisa terfokus. Namun jangan yang bergambar terlalu banyak karena perhatian anak bisa terbelah.
4. Jangan gunakan waktu tertentu untuk mengajarinya membaca. Karena akan membuat anak menjadi malas dan enggan untuk belajar. Sebaiknya gunakan waktu fleksibel misalnya saja saat sedang menonton televisi ataupun sedang bercanda dengan Anda. Durasinya juga tak perlu lama tetapi jangan terlalu sebentar.
5. Jika dia sudah bosan jangan paksa lagi karena dia membutuhkan waktu istirahat dahulu. Memaksa dia justru membuatnya jenuh bahkan stress.
6. Berikan hadiah kecil jika ia berhasil membaca meskipun hanya satu kata. Memberikan ia hadiah bisa membuatnya lebih semangat lagi.
7. Jangan pernah membentak dia saat sedang belajar membaca. Membentak hanya akan membuat anak trauma. Sebaiknya tetap sabar saat mengajarinya. Pakailah vokal yang lembut dan perhatian.

Itulah cara-cara untuk mengajarkan anak membaca. Mudah sekali bukan? Terapkan cara rahasia ini mulai sekarang agar anak Anda bisa lebih cerdas dibandingkan teman sebayanya. Tak hanya cara tersebut saja yang harus Anda terapkan.

Anda juga harus memberikan anak nutrisi yang baik dan bergizi sehingga perkembangan otaknya berkualitas. Demikianlah cara rahasia agar anak cepat lancar membaca. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Like it? Share it!

Leave A Response